Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Batubara Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2017-2018)
PDF (Bahasa Indonesia)

How to Cite

Kholida, N., & Susilo, D. E. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Batubara Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2017-2018). SNEB : Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis Dewantara, 1(1), 79-88. https://doi.org/10.26533/sneb.v1i1.415

Abstract

Disclosure of the implementation of CSR is useful for making financial reports and analyzing the extent to which the company cares about running its business. The higher the level of profitability achieved by the company, the stronger the relationship between social disclosure and company value.  This study aims to determine whether Corporate Social Responsibility influences the value of the company in the coal sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange and knows whether profitability can strengthen the effect of Corporate Social Responsibility on the value of the company in coal mining sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange This research includes quantitative descriptive research. The population and sample of this study are annual report data and financial reports on financial statements of coal mining sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2017-2018. The analysis uses path analysis (path analysis) which is assisted by WarpPLS software. Partial Least Square (PLS).The results of the study show that Corporate Social Responsibility has no effect on company value and Profitability as a moderating variable turns out to be able to moderate (strengthen) the relationship of CSR with company value.
https://doi.org/10.26533/sneb.v1i1.415
PDF (Bahasa Indonesia)

References

Abdul Muid, Moch. Ronni Noerirawan.2012.Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2010). Jurnal Akuntansi Volume 1 No.2 Hal. 4.

Ardilla Johan. 2011. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sifat Pengungkapan Sukarela Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Universitas Diponegoro.

Ermayanti, D. (2019). Kinerja Keuangan Sebagai Mediasi Pengaruh Intelectual Capital dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Disertasi.Univ Merdeka Malang .

Harmono, S.E, M.Si., 2009, Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard, Jakarta, Bumi Aksara.

Hwihanus 2018. Pengaruh Good Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Dan Sustainability Report Sebagai Variabel Intervening Pada Industri Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2013 – 2015. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Lestari, H. M., dan Fidiana, 2015, Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi, Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, Vol. 4, No. 12.

Nofrita, Ria. 2013. “Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI).” Jurnal Akuntansi 1.1.

Puspitasari, Apriani Daning, 2009, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Laporan Tahunan Perusahaan di Indonesia”, Tesis,Universitas Diponogoro Semarang.

Putra, Angga Alif dkk. 2017. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom.

Ramona, Suci. 2017. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di BEI Periode 2011-2015. Universitas Pasir Pengaraian.

Rosiana., Juliarsa., & Sari, Maria. 2013. Pengaruh Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 5.3(2013):723-738

Setianingrum, Wahyuning Ambar. 2015. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Sholihin, Mahfud, Ph. D dan Ratmono Dwi, Dr. 2013. “Analisis SEM-PLS dengan Wrap PLS 3.0 untuk Hubungan Nonlinier dalam Penelitian Sosial dan Bisnis”. Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.

Sudana, I. M. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktek. Jakarta : Erlangga.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Download data is not yet available.