Memajukan Produk BUMDes Di Era Pemasaran Digital BUMDes Loh Jinawi

Hadi Sucipto, Lufi Lailani

Abstract


BUMDes adalah Badan Usaha Milik Desa yang dikembangkan oleh warga setempat. Yang bertempatkan di Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Jombang dengan diprakarsai oleh pemerintah pusat langsung dan ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah Jombang, dengan pemberian dana stimulus sebesar Rp. 100.000.000,00 untuk setiap desa, termasuk desa Galengdowo yang terletak di kecamatan Wonosalam, Jombang dengan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bernama Loh Jinawi dengan jenis usaha Kopeasi simpan pinjam, Pasar desa, Desa wisata, Hipam (Air minum), Susu Sapi . Dalam hal ini Pihak BUMDes ining mengembangannya olahan susu sapi, maka untuk itu penulis bersama team mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Galengdowo melakukan kegiatan untuk lebih meningkatkan sekaligus memperluas pemasaran dan memajukannya produk unggulan desa melalui pemasaran digital. Dalam meningkatkan dan memperluas pemasaran secara digital tersebut maka ada beberapa pemasaran melalui (Shoppe, Instagram, Facebook dan Wa Bussines). Kegiatan tersebut telah diselesaikan dengan baik oleh penulis bersama team mahasiswa KKN. Kegiatan ini akan dilanjutkan pada semester genap tahun akademik 2021/ 2022 dengan sasaran kegiatan adalah meningkatkan pemasaran secara digital.

Kata kunci: BUMDes Galengdowo, Loh Jinawi, Pemasaran Digital.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Chaffey, Chadwick "E-Business and digital market." Strategy Implementation and Practice. Fourth Edition. Prentice Hall, 2016:11.

Chaffey dan Chadwick (2016:11), Dedi Purwana (2017:2) “dasarnya pemasaran digital Fourth Edition. Prentice Hall, 2017 :2

Wikipedia. Pemasaran Digital. Agustus 13, 2021. https://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_digital (accessed Agustus 26, 2021)

Susanto mojo, Markus. Menumbuhkan Ekonomi Digital Desa Lewat BUMDes. Mei 30, 2020. https://nasional.kontan.co.id/news/pandemi-corona-ternyatamenumbuhkan-ekonomi-digital-desa-lewat-bumdes (accessed Agustus 31, 2021).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.