Pelatihan Pemanfaatan Google Classroom Guna Efektivitas Pembelajaran Daring

Meidyan Permata Putri, Deri Susanti, Eka Hartati

Sari


Abstrak
Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan pada setiap kegiatan masyarakat termasuk dalam kegiatan bidang pendidikan. Perubahan tersebut berpengaruh pada proses belajar mengajar yang mana saat ini para guru dan peserta didik memanfaatkan media pembelajaran berbasis dalam jaringan (daring/online) salah satunya adalah google classroom. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilakukan tim penulis dilakukan di SMKN 2 Palembang. Kegiatan ini dilakukan secara intensif selama 2 (dua) hari pada tanggal 30 – 31 Maret 2021 dengan melibatkan 50 orang guru. Metode kegiatan dilaksanakan dengan cara praktik langsung sehingga peserta bisa langsung memahami, mempraktikkan dan mengaplikasikan kepada peserta didik. Diharapkan, kegiatan pengabdian ini akan terus berlanjut dengan pelatihan lain yang berguna bagi para guru dan peserta didik untuk menunjang kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci


Kata Belajar Online; Google classroom; SMKN 2 Palembang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50-59.

Kusuma, J. W. Platform (2020) Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19 Universitas Bina Bangsa.

Mutiarni, R., Utomo, L. P., & Purbowati, R. (2021). Penyusunan Kelengkapan Administrasi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kembang Sore Guna Kelancaran Kegiatan Organisasi. Comvice: Journal of community service, 5(1), 15-20.

https://iain-surakarta.ac.id/hikmah-pandemi-covid-19-bagi-pendidikan-di-indonesia

https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Kelas

https://tirto.id/mengenal-google-classroom-fungsi-dan-cara-menggunakannya-eG7S

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-pada-tahun-ajaran-dan-tahun-akademik-baru-di-masa-covid19




DOI: https://doi.org/10.26533/comvice.v5i2.808

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diindeks :