Sekolah BUMDes Sebagai Salah Satu Strategi Peningkatan Kinerja BUMDes

Chusnul Rofiah

Sari


Sebagai unit usaha yang dimiliki hampir oleh semua desa di Indonesia, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diharapkan mampu berkontribusi guna perbaikan ekonomi masyarakat desa sebagai mana tujuan awal pembentukan BUMDes oleh pemerintah. Namun faktanya masih banyak BUMDes yang masih belum bisa berkembang sesuai harapan. Untuk itu, perlu pembinaan secara konsisten untuk mengatasi maslah tersebut. BUMDes Tawa Tabat sebagai mitra binaan, terletak di desa Tanjung Wadung Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang. Mitra binaan memiliki unit usaha simpan pinjam. Beberapa masalah yang dihadapi antara lain adalah perkembangan usaha yang cenderung statis, kemampuan manajerial pengurus yang terbatas serta kurangnya inovasi untuk diversifikasi usaha BUMDes. Untuk itu, penulis bersama tim mahasiswa melakukan pelatihan dan pendampingan guna mengatasi masalah tersebut. Kegiatan ini dilakukan selama 5 (lima) bulan yaitu pada bulan Nopember 2020 – Maret 2021 melalui Sekolah BUMDes yang digagas oleh STIE PGRI Dewantara Jombang. Kegiatan ini terbagi dalam 2 (dua) tahap yaitu pelatihan intensif di kampus STIE PGRI Dewantara Jombang (Inclass program) serta praktik di lapangan (outclass program). Dari hasil kegiatan tersebut diperoleh respon yang cukup baik. Mitra binaan telah mampu menyusun alat kelengkapan administrasi guna mendukung perbaikan manajerial serta mampu melakukan uji coba diversifikasi usaha yaitu penjualan beras kemasan hasil dari usaha tani setempat.

Kata Kunci


Kata kunci : BUMDes Tawa TPembinaan Manajerial; Diversifikasi Usaha; Jombang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mutiarni, R., Utomo, L. P., & Purbowati, R. (2021). Penyusunan Kelengkapan Administrasi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kembang Sore Guna Kelancaran Kegiatan Organisasi. Comvice: Journal of community service, 5(1), 15-20.

Peraturan Pemerintah no. 72 tahun 2005 (PP). (n.d.). Peraturan Pemerintah (PP) tentang Desa. Https://Peraturan.Bpk.Go.Id/Home/Details/49852/Pp-No-72-Tahun-2005.

Permendes Nomor 4 Tahun 2015. (n.d.). Permendesa PDTT Nomor 4 Tahun 2015. Https://Gobumdes.Id/2019/11/21/Permendesa-Nomor-4-Tahun-2015/.

Prasetyo, N. D. (2006). Sistem Pemerintahan Desa. Makalah.




DOI: https://doi.org/10.26533/comvice.v5i2.785

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diindeks :