PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE JIGSAWUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SOFT SKILLS MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI

  • Shanti Nugroho Sulistyowati
Abstract views: 207 , PDF (HAL 66-79) (Bahasa Indonesia) downloads: 367

Abstract

Abstract

Education takes the significant role in developing Indonesia to compete in global village era. Education processes has prior position in developing human resource, as well. The effort in accomplishing thegood quality of the students graduation which has credibility in all fields is a must. In spite of that, the importance of soft skill competence of university students to enhance their competence in competing in seeking job is also required. This research is aimed to  know  how  the application  of  jigsaw method  can  improve students’ achievements and students’ soft skill of economic education department 2012B mainly in ekonomi pembangunan course of  STKIP  PGRI  Jombang.  By  employing  qualitative  research  as  approach,  this research is conducted in classroom action research technique. The subject of this research is 40 students of economic department in class 2012B who take Ekonomi pembangunan source, it consist of 7 male and 23 female. in addition, the result shows that there are some findings of the research; 1) the students achievements are significantly increased which can be seen from the result of pre-test and post-test degree on the point of 77%. 2) The students’ soft skill is also showed significant increase where their skill before the application of the jigsaw model is on average level, and after the treatment by employing cooperative learning of jigsaw model the students’ soft skill is categorized in good level.

Key words: Jigsaw, Students’ achievements, Soft skills

 

Abstrak

Pendidikan mempunyai peran pentinguntuk membangun bangsa Indonesia,  dengan majunya pendidikan diharapkan bangsa Indonesia dapat bersaing dengan bangsa lain. Proses pendidikan memiliki peran penting dalam memperbaiki mutu Sumber Daya Manusia. Usaha untuk menciptakan lulusan perguruan tinggi yang kompeten dalam seluruh jenjang dan jalur pendidikan terus dilaksanakan, selain itu hal lain yang perlu kita perhatikan adalah pentingnya soft skills dari para lulusan perguruan tinggi agar para lulusan ini dapat bersaing secara positif di masyarakat dan dalam dunia kerja.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar dan soft skillsmahasiswa program studi ekonomi angkatan tahun 2012B pada matakuliah ekonomi pembangunan di STKIP PGRI Jombang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif.   Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi ekonomi angkatan 2012 B yang berjumlah 40 mahasiswa, terdiri dari 7 laki-laki dan 33 perempuan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; 1) Hasil belajar mahasiswa dengan penerapan model pembelajaran koopertaif tipe jigsaw mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai pre tes dan pos tes mengamai peningkatan rata-rata sebesar 77%; 2) Soft skills mahasiswa juga mengalami peningkatan dimana pada saat sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw soft skills mahasiswa dalam kategori cukup sedangkan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw soft skills mahasiswa dalam kategori baik

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Soft skills.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2015-04-01
How to Cite
Sulistyowati, S. N. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE JIGSAWUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SOFT SKILLS MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 10(1). https://doi.org/10.26533/eksis.v10i1.55
Section
Section Editor