Upaya Pengembangan Strategi Hotel Muslim Kediri

Nur Hidayati, Lina Saptaria

Sari


Usaha jasa hotel syariah di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami perkembangan dan peningkatan. Hal ini terlihat di beberapa kota mulai berdiri hotel syariah, termasuk hotel muslim yang ada di Kediri. Lokasi yang strategis tidak berarti menjadikan hotel muslim terhindar dari persaingan bisnis. Upaya meningkatkan pelanggan harus dilakukan Hotel Muslim agar bias bersaing dengan hotel-hotel lainnya di Kediri. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk membahas upaya pengembangan strategi Hotel Muslim. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT untuk menentukan alternatif upaya pengembangan strategi Hotel Muslim. Hasil penelitian diperoleh beberapa pengembangan strategi Hotel Muslim, antara lain: (1)meningkatkan variasi produk, menetapkan harga yang terjangkau, meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih bagus, (2) meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM yang yang lebih berkompeten, meningkatkan fasilitas, menambah modal, (3) mempertahankan ciri khas produk dengan berbasis ekonomi syariah, menjalin kerjasama dengan pondok pesantren dan instansi pemerintah, (4) melakukan upaya pengembangan strategi promosi di semua media untuk meningkatkan pangsa pasar. , meningkatkan kerjasma dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alom, M., & Haque, S. 2011. Marketing : An Islamic Perspective. World Journal of Social Sciences, 1(3), 71–81. Retrieved from http://wbiaus.org/5. Shariful.pdf

Basalamah, A. 2011. Hadirnya Kemasan Syariah Dalam Bisnis Perhotelan Di Tanah Air. Binus Business Review, 2(2), 763–769. https://doi.org/https://doi.org/10.21512/bbr.v2i2.1222

Bagyono. 2012. Pariwisata dan Perhotelan. Alfabeta. Bandung

Bukhari Alma. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Endar, Sugiarto dan Sri Sulartiningrum, 1996, Pengantar Industri Akomodasi dan. Restoran, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Fatwa DSN MUI No. 108/DSN-MUI/X/2016

Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA.

Kasmir dan Jakfar. 2003. Studi Kelayakan Bisnis, edisi pertama, cetakan pertama. Jakarta: Prenada Media.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran,Edisi II. Jakarta: PT Indeks.

___________ 1997, Manajemen Pemasaran, (terj), Jilid 2, Jakarta: PT Prehalindo.

Keputusan Menteri Pariwisata & Telekomunikasi No. KM 94/HK.103/MPPT-87.

Lupiyoadi, Rambat dan A.Hamdani.2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba empat.

Prodjo, W. A. 2016. Kagum Kembangkan Hotel Syariah di 7 Kota Termasuk Bali. Retrieved from http://travel.kompas.com/read/2016/09/25/190300527/kagum.kembangkan.hotel.syariah.di.7.kota.termasuk.bali

Rachmarwi, W.2016. Evaluasi Strategi Bersaing Dalam Industri Hotel Studi Pada Hotel Sofyan Betawi. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(3). Retrieved from http://ojs.ekonomi-unkris.ac.id/index.php/JMBK/article/download/65/pdf

Rangkuti, F. 2008. Analisis SWOT: Teknik membedah kasus bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Rifqi, Y. 2014. Analisis Strategi Pemasaran Berbasis Syariah: Pendekatan Marketing Mix (Studi Pada Hotel Grand Kalpataru Syariah Malang). UIN Maulana Malik Ibrahim. Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/740/

Saad, H. E., Ali, B. N., & Abdel-Ati, A.-A. 2014. Sharia-Compliant Hotels In Egypt : Concept And Challenges. Advances in Hospitality and Tourism Research (AHTR), 2(1),

–15. Retrieved from http://www.ahtrjournal.org/counter/count.php?id=9

Sofyan, R. 2011. Bisnis Syariah Mengapa Tidak? Pengalaman Penerapan Pada Bisnis Hotel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Subroto, Budiarto. 2011. Pemasaran Industri. Yogyakarta: ANDI

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.

Tripomo, Tedjo dan Udan. 2005.Manajemen Strategi. Bandung :RekayasaSains

Umar, Husein, 2002, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Zeithaml, Valerie A and Bitner, Marry Jo, 1996, Service Marketing, International Edition, McGraw-Hill.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.