Abstrak
Usaha jasa hotel syariah di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami perkembangan dan peningkatan. Hal ini terlihat di beberapa kota mulai berdiri hotel syariah, termasuk hotel muslim yang ada di Kediri. Lokasi yang strategis tidak berarti menjadikan hotel muslim terhindar dari persaingan bisnis. Upaya meningkatkan pelanggan harus dilakukan Hotel Muslim agar bias bersaing dengan hotel-hotel lainnya di Kediri. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk membahas upaya pengembangan strategi Hotel Muslim. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT untuk menentukan alternatif upaya pengembangan strategi Hotel Muslim. Hasil penelitian diperoleh beberapa pengembangan strategi Hotel Muslim, antara lain: (1)meningkatkan variasi produk, menetapkan harga yang terjangkau, meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih bagus, (2) meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM yang yang lebih berkompeten, meningkatkan fasilitas, menambah modal, (3) mempertahankan ciri khas produk dengan berbasis ekonomi syariah, menjalin kerjasama dengan pondok pesantren dan instansi pemerintah, (4) melakukan upaya pengembangan strategi promosi di semua media untuk meningkatkan pangsa pasar. , meningkatkan kerjasma dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta.Referensi
Alom, M., & Haque, S. 2011. Marketing : An Islamic Perspective. World Journal of Social Sciences, 1(3), 71–81. Retrieved from http://wbiaus.org/5. Shariful.pdf
Basalamah, A. 2011. Hadirnya Kemasan Syariah Dalam Bisnis Perhotelan Di Tanah Air. Binus Business Review, 2(2), 763–769. https://doi.org/https://doi.org/10.21512/bbr.v2i2.1222
Bagyono. 2012. Pariwisata dan Perhotelan. Alfabeta. Bandung
Bukhari Alma. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Endar, Sugiarto dan Sri Sulartiningrum, 1996, Pengantar Industri Akomodasi dan. Restoran, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Fatwa DSN MUI No. 108/DSN-MUI/X/2016
Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA.
Kasmir dan Jakfar. 2003. Studi Kelayakan Bisnis, edisi pertama, cetakan pertama. Jakarta: Prenada Media.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran,Edisi II. Jakarta: PT Indeks.
___________ 1997, Manajemen Pemasaran, (terj), Jilid 2, Jakarta: PT Prehalindo.
Keputusan Menteri Pariwisata & Telekomunikasi No. KM 94/HK.103/MPPT-87.
Lupiyoadi, Rambat dan A.Hamdani.2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba empat.
Prodjo, W. A. 2016. Kagum Kembangkan Hotel Syariah di 7 Kota Termasuk Bali. Retrieved from http://travel.kompas.com/read/2016/09/25/190300527/kagum.kembangkan.hotel.syariah.di.7.kota.termasuk.bali
Rachmarwi, W.2016. Evaluasi Strategi Bersaing Dalam Industri Hotel Studi Pada Hotel Sofyan Betawi. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(3). Retrieved from http://ojs.ekonomi-unkris.ac.id/index.php/JMBK/article/download/65/pdf
Rangkuti, F. 2008. Analisis SWOT: Teknik membedah kasus bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Rifqi, Y. 2014. Analisis Strategi Pemasaran Berbasis Syariah: Pendekatan Marketing Mix (Studi Pada Hotel Grand Kalpataru Syariah Malang). UIN Maulana Malik Ibrahim. Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/740/
Saad, H. E., Ali, B. N., & Abdel-Ati, A.-A. 2014. Sharia-Compliant Hotels In Egypt : Concept And Challenges. Advances in Hospitality and Tourism Research (AHTR), 2(1),
–15. Retrieved from http://www.ahtrjournal.org/counter/count.php?id=9
Sofyan, R. 2011. Bisnis Syariah Mengapa Tidak? Pengalaman Penerapan Pada Bisnis Hotel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Subroto, Budiarto. 2011. Pemasaran Industri. Yogyakarta: ANDI
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.
Tripomo, Tedjo dan Udan. 2005.Manajemen Strategi. Bandung :RekayasaSains
Umar, Husein, 2002, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Zeithaml, Valerie A and Bitner, Marry Jo, 1996, Service Marketing, International Edition, McGraw-Hill.
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka)