Pembinaan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Konveksi Desa Karobelah Kecamatan Mojoagung - Jombang

Deni Widyo Prasetyo

Sari


Perguruan tinggi sebagai bagian dari masyarakat, diharapkan kontribusinya secara nyata di masyarakat. Hal ini tertuang dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan/Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. Maka, sesuai dengan tugas yang harus dilakukan dosen, penulis melakukan bentuk pengabdian kepada masyarakat berupa pembinaan kepada kelompok usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang bergerak di desa Karobelah, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang yang bergerak di bidang konveksi busana wanita, muslim dan anak-anak. Bentuk pembinaan yang dilakukan adalah dengan membantu pengurusan perijinan kepada instansi pemerintah (Dinas Perijinan), pembuatan logo perusahaan serta pemasaran secara online.Dari hasil kegiatan yang telah dilakukan oleh penulis, beberapa kelompok usaha konveksi telah mengursu ijin usaha resmi dan telah dibantu dan dikenalkan dengan sistim pemasaran secara online


Kata Kunci


Pembinaan, UMKM, Konveksi, Karo Belah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Linda, (2012). Analisis Dampak Kredit Mikro Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Di Kota Semarang. Skripsi S1, Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Tahun 2012

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM (Usaha Menengah Kecil dan Mikro)

Asyarie, M. (1997). Islam, etos kerja dan pemberdayaan ekonomi umat. Lesfi.

Priyanto, S. H. (2009). Mengembangkan pendidikan kewirausahaan di masyarakat. Jurnal PNFI, 1(1), 57-82.

Huka Gusadi, Meriyati., E Pandelaki, E., & Setyowati, E. (2015). Penataan Sentra Industri Konveksi Dan Bordir Dukuh Krajan I Kabupaten Kudus (Doctoral dissertation, FAKULTAS TEKNIK UNDIP).

Meilani, M. T., & Sutrisno, R. (2015, November). Model Disain Rencana Bisnis UKM Konveksi di Kabupaten Bandung. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 6, pp. 202-210).

Mutiarni, R., Utomo, L. P., & Zuhroh, S. (2017). Pendampingan Pencatatan Transaksi Keuangan Pada Koperasi Bunga Harapan Desa Ceweng. Comvice: Journal Of Community Service, 1(1), 33-38.

Mutiarni, R. (2017). Implementasi Electronic Data Processing Pada Koperasi Wanita. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(2 Okt), 135-148.

Rahmawati, D. I., & Roesminingsih, M. V. (2016). Hubungan Pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup Pelatihan Menjahit Dalam Pemberdayaan Perempuan Dengan Motivasi Wirausaha. J+ Plus Unesa, 5(1).

Surat edaran Bank Indonesia No.26/I/UKK tanggal 29 Mei 1993


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.