Abstrak
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan badan usaha yang terdampak pandemi dengan menggunakan platform digital sebagai strategi bertahan yang dilakukan BUMDes untuk keberlangsungan usahanya. Pandemi COVID-19 menyebabkan perekonomian global dan keberlangsungan usaha terganggu di berbagai sektor usaha termasuk BUMDes. BUMDes sebagai lembaga ekonomi yang paling dekat dengan potensi kearifan lokal diharapkan mampu menjadi garda terdepan dalam perekonomian desa. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat untuk menjadi alat agar BUMDes tetap bisa bertahan. BUMDes Desa Rejoagung Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang juga mengalami gangguan usaha di tengah pandemi COVID-19. Kegiatan yang kami lakukan yaitu pelatihan digital marketing pada BUMDes dan para pelaku usaha untuk membantu pemasaran produk selama pandemi covid-19. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar BUMDes dan para pelaku usaha dapat memanfaatkan internet dan teknologi untuk menunjang pemasaran produk mereka serta memperluas jangkauan target pasar atau konsumen melalui digital marketing. Maka dari itu, kami membantu dalam pembuatan media platform marketplace (Shopee) untuk meningkatkan penjualan dari bisnis mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa BUMDes desa Rejoagung kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang tetap bisa bertahan di tengah pandemi COVID-19 dengan memanfaatkan kearifan lokal dan digitalisasi usaha yang ada meskipun terjadi penurunan omzet usaha. Kata kunci: BUMDes Rejoagung, pengembangan usaha di era pandemi, digital marketing.Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Fadly, Hawangga Dhiyaul., & Sutama. 2020. Membangun Pemasaran Online dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen, 5(2), p. 213-222.
Mutiarni, R., Zuhroh, S., & Utomo, L. P. (2018). Pendampingan Pencatatan Transaksi Dan Penyusunan Laporan KeuanganBadan Usaha Milik Desa (Bumdes) Putra Subagyo Desa Miagan-Jombang. Comvice: Journal of community service, 2(1), 21-28.
Nayoan, A. (2021, Juni 1). Apa itu Ecommerce? Kenali Semua Jenis dan Manfaatnya! Retrieved Agustus 20, 2021, from https://www.niagahoster.co.id/: https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-ecommerce/?amp
Oktafia, R. 2017. Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Melalui Perkuatan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (Lkms) Di Jawa Timur. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, (Seri 1), 85-92. Retrieved from
Putra, Anom Surya. 2007. Buku Panduan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Departemen Pendidikan Nasional
Rahmati. 2009. Pemanfaatan E-commerce Dalam Bisnis Di Indonesia http://citozcome.blogspot.com/2009/05/pemanfaatan-e-commerce-dalambisnisdi.html. Diakses tanggal 06 Agustus 2011.
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka)