Meningkatkan Pemasaran Digital Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Jati Barokah Guna Kelancaran Kegiatan Organisasi
PDF (English)

How to Cite

Suprapto, S., & Sya’bani, M. F. (2021). Meningkatkan Pemasaran Digital Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Jati Barokah Guna Kelancaran Kegiatan Organisasi. SEMINAR NASIONAL EKONOMI DAN BISNIS, 3(1), 59-68. https://doi.org/10.26533/sneb.v1i1.804

Abstrak

Abstrak Pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang berada di Desa Jatibanjar, Kecamatan Ploso Jombang dengan diprakarsai oleh pemerintah pusat langsung dan ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah Jombang, dengan pemberian dana stimulus sebesar Rp. 100.000.000,00 untuk setiap desa, termasuk desa Jatibanjar yang terletak di kecamatan Ploso, Jombang dengan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Jati Barokah dengan jenis usaha simpan pinjam, persewaan dan perdagangan. Dalam perkembangannya, pengelolaan unit simpan pinjam, persewaan sudah cukup baik namun pada unit perdagangan masih kurang dalam tahap perkembangannya maka untuk itu, penulis bersama team mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Jatibanjar melakukan kegiatan untuk lebih meningkatkan sekaligus memperluas pemasaran melalui digital. Dalam meningkatkan dan memperluas pemasaran secara digital tersebut maka ada beberapa pemasaran, antara lain : 1) Market Place (Shoppe, Instagram, Facebook dan Wa Bussines), 2) Google Bisnis, 3) Blogger. Kegiatan tersebut telah diselesaikan dengan baik oleh penulis bersama team mahasiswa KKN. Kegiatan ini akan dilanjutkan pada semester genap tahun akademik 2021/ 2022 dengan sasaran kegiatan adalah meningkatkan pemasaran secara digital. Kata kunci: BUMDes Jatibanjar, Jati Barokah, Pemasaran Digital.
https://doi.org/10.26533/sneb.v1i1.804
PDF (English)

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Aprilia, Putri. 7+ Media Sosial Populer untuk Bisnis. June 23, 2020. https://www.niagahoster.co.id/blog/sosial-media-populer/ (accessed Agustus 26, 2021).

Chaffey, Dave. "E-Business and E-Commerce Management." Strategy Implementation and Practice. Fourth Edition. Prentice Hall, 2002: 14.

Coviello, N.,R.and Marcolin,B. "Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing." Journal of Interactive Marketing, 2001: 26.

Gits.id. 10+ Contoh Aplikasi E-Commerce dan Website di Indonesia. Februari 5, 2021. https://gits.id/blog/contoh-aplikasi-e-commerce-website/ (accessed Agustus 2021, 26).

iBrand.id. 5 Manfaat Pemasaran Melalui Media Sosial. 2020. https://ibrand.id/manfaat-pemasaran-melalui-media-sosial/ (accessed Agustus 26, 2021).

Jombang, kabupaten. "Pedoman Tata Cara Pembentukan dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa." Undang-Undang, 3013: 3-4.

Mardatila, Ani. Merdeka.com. mei 15, 2021. https://www.merdeka.com/sumut/bumdes-adalah-badan-usaha-milik-desa-ketahui-ciri-dan-manfaatnya-kln.html (accessed agustus 10, 2021).

Sanjaya, Ridwan dan Josua Tarigan. Creative Digital Marketing. Jakarta: PT Alex Media Komputindo, 2009.

Struggles, Heidrick and. "The Adoption of Digital Marketing in Financial." Services Under Crisis, 2009: 1.

Suhardi, M. "KKN-PPM Penguatan Ekonomi Desa melalui BUMDES di Desa Poerang Kecamatan Tana Linu Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan." jurnal ilmiah pengabdian masyarakat , 2017.

Sumartomdjon, Markus. Menumbuhkan Ekonomi Digital Desa Lewat BUMDes. Mei 30, 2020. https://nasional.kontan.co.id/news/pandemi-corona-ternyata-menumbuhkan-ekonomi-digital-desa-lewat-bumdes (accessed Agustus 29, 2021).

Urban, Glen.L. "Digital Marketing Strategy:text and cases." Pearson Education, 2004: 2.

Wikipedia. Pemasaran Digital. Agustus 13, 2021. https://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_digital (accessed Agustus 26, 2021).

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka)

Downloads

Download data is not yet available.