PENGUATAN KETERAMPILAN KULINER SEBAGAI UPAYA MENDORONG UMKM RUMAHAN DI DESA GROBOGAN
PDF (BAHASA INDONESIA) (English)

Kata Kunci

Pemberdayaan Masyarakat, Usaha Kuliner, Inovasi Produk, UMKM, Pemasaran Digital

How to Cite

Nurali, N., Siti, Z., Indra, K., & Apriliana, R. D. (2025). PENGUATAN KETERAMPILAN KULINER SEBAGAI UPAYA MENDORONG UMKM RUMAHAN DI DESA GROBOGAN. SEMINAR NASIONAL EKONOMI DAN BISNIS, 7(1), 1 - 8. https://doi.org/10.26533/sneb.v7i1.1396

Abstrak

Desa Grobogan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang memiliki potensi sumber daya manusia yang cukup besar, terutama di kalangan ibu rumah tangga. Namun, hingga saat ini desa ini belum memiliki Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berkembang secara mandiri. Salah satu kendala utama yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman dan inisiatif ibu-ibu dalam mengembangkan usaha berbasis keterampilan memasak. Mereka hanya memasak untuk kebutuhan rumah tangga tanpa mempertimbangkan peluang usaha yang dapat bernilai ekonomi. Program Dapur Bersama: Kreasi Lebaran diinisiasi untuk memberikan wawasan dan pelatihan bagi ibu rumah tangga dalam mengolah telur gabus sebagai produk kuliner yang bernilai jual. Kegiatan ini melibatkan praktik langsung, eksplorasi inovasi rasa, serta diskusi terkait pengemasan dan strategi pemasaran sederhana. Hasil program menunjukkan bahwa ibu-ibu semakin percaya diri dalam memproduksi telur gabus dengan kualitas lebih baik dan mulai mempertimbangkan peluang usaha kuliner rumahan. Sebagai tindak lanjut, diperlukan pendampingan berkelanjutan, terutama dalam aspek pemasaran dan manajemen usaha, agar ibu-ibu dapat lebih siap dalam mengembangkan produk mereka secara mandiri dan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi lokal.

https://doi.org/10.26533/sneb.v7i1.1396
PDF (BAHASA INDONESIA) (English)

Referensi

Afriansyah, A. A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.

Febriyantoro, M.T. & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah. Jurnal Manajemen Dewantara.

Handayani, Fika. H. S. (2024). Peran Media Sosial dalam Pemasaran Event di Mal Botani Square. Jurnal Bisnis Event.

Hamdani. (2020). Dekat, Mengenal Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Lebih. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Indonesia, P. R. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi serta UMKM. Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Jakarta.

Nasution, Rahmad. Y. M. (2024). Peran Mahasiswa KKN Dalam Pemberdayaan Masyarakat Serta Moderasi Beragama Di Desa Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara Tahun 2024. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN).

Setyawan, Wawan Herry. Y. E. (2022). Pemberdayaan Masyarakat: Konsep dan Strategi. Samarinda: PT. Gaptek Media Pustaka.

Syafitri, Aulia Daisy Arsy. F. L. (2024). Perkembangan serta Peran Ekonomi Kreatif di Indonesia dari Masa ke Masa. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen.

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka)

Downloads

Download data is not yet available.