Mengoptimalkan Media Sosial Untuk Meningkatkan Branding Melalui Sosialisasi Digital Marketing Bagi Remaja di Desa Jatimlerek
PDF

How to Cite

Kurniawan, I., & Permana, W. P. (2024). Mengoptimalkan Media Sosial Untuk Meningkatkan Branding Melalui Sosialisasi Digital Marketing Bagi Remaja di Desa Jatimlerek. SEMINAR NASIONAL EKONOMI DAN BISNIS, 6(1), 49-56. Diambil dari https://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/SNEB/article/view/1296

Abstrak

Abstrak

Artikel ini membahas perihal upaya pengembangan potensi ekonomi melalui taktik digital marketing pada Desa Jatimlerek, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang. Penelitian ini dilakukan oleh dosen dan mahasiswa STIE PGRI Dewantara Jombang, selama 30 hari. Latar belakang artikel ini adalah ketersediaan potensi ekonomi yang minim di Desa Jatimlerek. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bekal kepada para pelaku usaha, terutama remaja, dalam mengembangkan potensi ekonomi di period computerized. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan sosialisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Jatimlerek memiliki potensi ekonomi dalam bidang pertanian. Mayoritas masyarakat berkomoditas dalam sektor tersebut. Workshop tersebut diadakan untuk memberikan pemahaman tentang digital advertising, E-commerce, dan pemanfaatan media sosial dalam bisnis. Pengabdian kepada masyarakat ini memungkinkan pelaku UMKM di Desa Jatimlerek untuk mendirikan toko online dan mempromosikan barang mereka melalui pasar dan media sosial dan akhirnya menghasilkan lebih banyak uang. Pelaku UMKM Desa Jatimlerek dapat memperluas pasar mereka dengan membuka toko online mereka. Selain itu, desain kemasan produk UMKM dan site merupakan bagian luar dari kegiatan pengabdian masyarakat ini. Program ini memenuhi tri dharma perguruan tinggi dan melakukan pengabdian masyarakat. Selain itu, program ini membantu program pemerintah dalam meningkatkan kemampuan UMKM untuk bersaing di pasar worldwide dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa computerized promoting dapat menjadi solusi dalam mengembangkan potensi ekonomi Desa Jatimlerek. Program Workshop UMKM memberikan bekal kepada pelaku usaha untuk bersaing di time computerized. Meskipun hasilnya belum signifikan, program ini memiliki potensi untuk membantu masyarakat mengadopsi digitalisasi ekonomi.

Kata Kunci: Digital Marketing, UMKM, E-Commerce, Remaja

PDF

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka)

Downloads

Download data is not yet available.