Abstrak
Abstrak
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yani sebuah usaha dengan peranan yang signifikan dalam menggerakkan ekonomi nasional. Pada saat ini UMKM sedang aktif diimplemnetasikan di berbagai wilayah Indonesia. Salah satu desa di kecamatan Plandaan yang menjalankan usaha tersebut, disana banyak terdapat UMKM yang didirikan, salah satunya pada bidang usaha budidaya lele di Kabupaten Jombang. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah mengenai strategi pemasaran online yang diterapkan oleh para pelaku UMKM di bidang budidaya lele untuk memperluas pengembangan usahanya. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat baik dari segi teoritis maupun praktis yang dapat membatu dalam menerapkan strategi pemasaran online untuk pengembangan bisnis. Kegiatan tersebut telah diselesaikan dengan baik oleh penulis bersama tim mahasiswa. Kami menyelenggarakan sesi penyuluhan dan memberikan pendampingan kepada usaha selama pelaksanaan. Semoga partisipasi ini dapat mendukung perkembangan Usaha Kecil Menengah (UMKM) di desa Gebangbunder.
Kata kunci: UMKM, Budidaya Lele, Pemasaran Online
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka)