Abstract
Entrepreneurship trend tend to shift from time to time based on the development of technology, which must be adapted by entrepreneur not only to acquire hardskills but also softskills. Softskills competences allows someone to compete in the business force. This paper aims to provide a proposition on how to enhance the softskills in entrepreneurship based on the work of Utomo (2010). This paper analyze the information form the business entrepreneur and the previous research related to the subject. The result of analysis shows the responsibility, commitment, risk-taking, and action oriented contributes significantly toward enhancement of softskills in entrepreneurshipReferences
Arifin, M,. Kemampuan Interpersonal Skills Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, Vol. 1, No.3, 2013, 1-16. (pustaka berupa artikel dalam majalah/jurnal ilmiah)
Brian H. Spitzberg & H. Thomas Hurt. The Measurement of interpersonal skills in instructional contexts. Communication Education, 36:1, 28-45, DOI:10.1080/03634528709378639 (pustaka berupa artikel dalam majalah/jurnal ilmiah)
Diandra, D., Program Pengembangan Kewirausahaan Untuk Menciptakan Pelaku Usaha Sosial Yang Kompetitif, Proceeding 10th Industrial Research Workshop and National Seminar (IRWNS) Politeknik Negeri Bandung, 24 Juli 2019, p. 15231532. (pustaka berupa artikel dalam prosiding pertemuan ilmiah)
Hadiyati. E., Studi Pendidikan Kewirausahaan dan Pemasaran Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaaha, Seminar Nasional Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis VIII, Untar, Jakarta 3 Mei 2018, p.1-11. (pustaka berupa artikel dari Seminar Nasional)
Hasan, R,. Berani Ambil Resiko Jadi Kunci Pengusaha Muda Sukses, 2 Desember 2018, https://economy.okezone.com/read/2018/12/02/320/1985690/berani-ambil-risikojadi-kunci-pengusaha-muda-sukses, diakses pada 31 Juni 2019. (pustaka berupa artikel dari situs internet)
Kuswara, H,. Strategi Sukses Mahasiswa Indonesia Meraih Karir Gemilang Dengan Softskill. Jurnal Humaniora, Vol.10, No.1, 2010. (pustaka berupa artikel dalam majalah/jurnal ilmiah)
Rahmawati, Y,. Manajemen Public Relations Sebagai Alat Etika Komunikasi Dalam Bisnis Islam. Jurnal Filsafat dan Budaya Hukum, 15 November 2014. P. 181-194. (pustaka berupa artikel dalam majalah/jurnal ilmiah)
Sarjanti, E,. Peningkatan Softskills Mahasiswa Pada Materi Sistem Sosial Melalui Pembelajaran Media Mindscape dan Diskusi Kooperatif. Jurnal Khazanah Kependidikan, Vol.3, No.1, September 2010. (pustaka berupa artikel dalam majalah/jurnal ilmiah)
Utomo, H., Kontribusi Softskill Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan, Among Makarti, Vol.3, No.5, Juli 2010, p.95-104. (pustaka berupa artikel dalam majalah/jurnal ilmiah)