Kinerja Keuangan Dan Mekanisme Good Corporate Governance Pada Perusahaan Farmasi

  • Yuniep Mujati Suaidah STIE PGRI Dewantara Jombang
  • Oktafiya Ayu Setyoningrum STIE PGRI Dewantara Jombang
Abstract views: 113 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 84

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengarug Good Corporate Governance ( GCG) yang menggunakan proxy Proporsi komisaris independen, Komite Audit, Dewan Direksi, dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan pada perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI pada tahun 2016-2020. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah 8 (delapan) perusahaan farmasi selama tahun 2016-2020. Jenis data sekunder berupa laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan. Teknik analisis data adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: Proporsi komisaris independen, Dewan Direksi dan Kopemilikan Institutional tidak berpengaruh siginifikan terhadap kinerja keuangan sedangkan Komite Audit berpengaruh terhadap kinerja keuangan.

References

Addiyah, A. (2014). Pengaruh Penerapan Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2010-2012). Semarang: Universitas Diponegoro.

Agustina, M. J. (2015). Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Kinerja Perusahaan pada Sektor Keuangan. Business Accounting.

Candradewi, I. &. (2016). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Intitusional dan Dewan Komisaris Independen Terhadap Return On Asset. E-Jurnal Manajemen Unud.

Carningsih. (2009). Pengaruh Good Corporate Governance Tehadap Hubungan Antara Kinerja Keuangan Dengan Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek indonesia. Jakarta : Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma.

Effend, M. A. (2016). Power of Good Corporate Governance. Jakarta : Salemba Empat.

Fahmi, I. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Firmansyahrez, D. &. (2016). Pengaruh Komisaris Independen dan Komite Audit Terhadap Manajemen Laba. E-Proceeding of Management.

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 20 (Edisi VI ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, S. S. ( 2013). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Hartono, D. F. (2014). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan. Dinamika Akuntansi, Keuangan Dan Perbankan.

Heder, M. P. (2017). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. Surabaya: Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.

Lestari, P. P. (2013). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan. Universitas Diponegoro Semarang.

Mahendra, A. D. (2012). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen.

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, LEVERAGE DAN FIRM SIZE TERHADAP KINERJA KEUANGAN. (2020). Alfi Churniawati, dkk.

Prastowo, D. d. (2008). Analisis Laporan Keuangan, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: UPP STIM YKPM.

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen. Jakarta : Erlangga .

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukandar, P. P. (2014). Pengaruh Ukuran Dewan Direksi dan Dewan Komisaris Serta Ukuran PerusahaanTerhadap Kinerja Keuanga Perusahaan (Vol. Vol. 3(3)). Diponegoro Journal of Accounting.

Susanto, B. P. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Terhadap Nilai Perusahaan ( Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia ). Universitas Brawijaya. Malang.

Sutedi, A. (2011). Good Corporate Governance. Jakarta: Sinar Grafika.

Wardoyo dan Veronica, T. R. (2013). Pengaruh Good Corporate Governace, Corporate Social Responsibility & Kinerja Keuangan Terhadap Nilai. Jurnal Dinamika Manajemen.

Widagdo, D. O. (2014). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan. Universitas Diponegoro Semarang.

Widyati, M. F. (2013). Pengaruh Dewan Direksi, Komisaris Independen, Komite Audit, Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional Terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Ilmu Manajemen,.

Yuniarti, C. (2014). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja dan Nilai Perusahaan High Profile yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013. Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi.

Published
2021-12-24