Penilaian Kinerja Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Audit Manajemen Dan Balance Scorecard

  • Benih Hartanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) PGRI Dewantara Jombang
  • Agus Susilo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) PGRI Dewantara Jombang
Abstract views: 2671 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1273

Abstract

Fenomena terkait dengan pengelolaan sumber daya manusia dalam organisasi, khususnya institusi pendidikan yang menjadi obyek dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan kontribusi dalam mendukung good corporate governance dan dapat meningkatkan kompetensi SDM sebagai asset terpenting dalam organisasi. Beberapa faktor dalam proses pengelolaan sumber daya manusia yang menjadi dasar penentu variable dalam penelitian ini antara lain adalah perencanaan tenaga kerja dan rekrutmen, fungsi orientasi dan penempatan dan fungsi pelatihan dan pengembangan. Penelitian yang dilakukan di STIE PGRI Dewantara Jombang ini berjenis kuantitatif dengan melibatkan 63 responden yang terdiri dari karyawan,dan dosen. Teknik analisa menggunakan Balance Score Card dan dilengkapi dengan analisa regresi linear berganda, F-Test dan T-Test. Hasil analisa menunjukkan bahwa kegiatan orientasi dan penempatan serta pelatihan dan pengembangan yang berpengaruh terhadap kinerja Dosen dan Karyawan. Sedangkan, posisi strategis STIE PGRI Dewantara terkait dengan pengelolaan karyawan berada pada titik yang menunjukkan bahwa, sttrategi paling tepat untuk dilaksanakan dalam jangka pendek.

References

Akhtan, A. &. G. R., 2013. Pengaruh Penempatan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim. E-Journal Administrative Reform, I(1), pp. 257-271.

Antariksa, E., 2009. http://www.explorehr.org. [Online]

Available at: http://www.explorehr.org [Accessed 11 29 2018].

Bayangkara, I., 2008. Audit Manajemen: Prosedur dan Implementasi. Jakarta: Salemba Empat.

David, F. R., 2011. A comprehensive strategic management model. In: E. Svendsen, ed. Strategic Management - Concept and Cases. New Jersey: Prentice Hall, p. 15.

Ginting, J., 2012. Pembelajaran Manajemen Audit Berbasis Kertas Kerja Pemeriksaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNIMED. Journal of Economics, 4(I), pp. 96-98.

Hamilton, A., 2008. Management Audit:Maximizing Your Company Efficiency and Effectiveness. s.l.:s.n.

Hasibuan, M., 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Maharani, P. L. G. D. &. S. R. M., 2014. Persepsi Karyawan atas Audit Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Kinerja Karyawan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, pp. 538-553.

Pembagio, N. S. N. U. &. E. N., 2013. Pengaruh Proses Rekrutmen, Seleksi dan Kompetensi Karyawan terhadap Kinerja Karyawan. I(4), pp. 1-7.

Sartin, 2008. Analisis Perencanaan Tenaga Kerja di Perusahaan Redrying Tembakau. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, I(3), pp. 224-232.

Siagian, S., 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukrisno, A., 2013. Auditing. Jakarta: Salemba Empat.

Walker, G. M. J. R., 2001. Designing and Implementing an HR Scorecard. Human Resource Management, Volume 40, pp. 365-377.

Yullyanti, E., 2009. Analisis Proses Rekrutmen dan Seleksi pada Kinerja Pegawai. Jurnal Bisnis, III(16), pp. 131-139.

PlumX Metrics

Published
2019-07-05