Persepsi Pelaku UMKM Dalam Menyusun Laporan Keuangan

Risal Risal, Febriati Febriati, Renny Wulandari

Sari


Penelitian ini berjudul Persepsi Pelaku UMKM dalam Menyusun Laporan Keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi persepsi pelaku UMKM dalam menyusun laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelaku UMKM yang ada di provinsi Kalimantan Barat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuisioner. Teknik pengambilan sampel dengan metode simple random sampling dan akan diuji menggunakan regresi berganda. Variabel independen pada penelitian ini adalah tingkat pendidikan, skala usaha, pelatihan akuntansi, pemahaman akuntansi dan pemanfaatan teknologi informasi, serta persepsi pelaku UMKM sebagai variabel dependennya. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa dari kelima variabel independen yang diuji, hanya variabel pemahaman akuntansi yang memiliki pengaruh secara signifikan terhadap persepsi pelaku UMKM dalam menyusun laporan keuangan.

Kata Kunci


Persepsi, Pelaku Usaha, Laporan Keuangan, UMKM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adisetiawan, R. (2013). Kajian Persepsi Pemilik Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Terhadap Laporan Keuangan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 13(4), 12.

Khristianto, W. (2012). Penggunaan Teknologi Informasi di Usaha Kecil dan Menengah. Paper presented at the Seminar Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kusuma, H., & Budianto, H. (2013). Pengaruh Pemahaman Akuntansi Koperasi Berbasis SAK ETAP Terhadap Kualitias Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi. Jurnal Cahaya Aktiva Politeknik Cahaya Surya Kediri, 81-91.

Lohanda, D., & Mustikawati, R. I. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan terhadap Pelaporan Keuangan UMKM. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 6(5).

M. Reeve, J., S. Warren, C., E. Duchac, J., Wahyuni, E. T., Soepriyanto, G., Yusuf, A. A., & D. Djakman, C. (2009). Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Meidiyustiani, R. (2016). Pengaruh Pendidikan Pemilik, Pemahaman Akuntansi, dan Motivasi Pemilik Terhadap Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP)(Studi Empiris: Perusahaan Kecil dan Menengah di Kota Tangerang). Accounthink: Journal of Accounting and Finance, 1(01).

Nabawi, N. I. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi pada Usaha Mikro Kecil dan Mengengah di Kota Yogyakarta.

Piranda, J., Kusnadi, & Ariningrum, H. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Pengusaha Kecil Dan Menengah Atas Penggunaan Informasi Akuntansi (Studi Kasus pada Pengusaha Kecil dan Menengah yang Bergerak dibidang Jenis Usaha Makanan di Kecamatan Kemiling). Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen Malahayati, 4(1).

Pratiwi, Nurita Budi Hanafi, & Rustam. (2016). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Akuntansi Indonesia, 5(1), 79-98.

Soraya, E. A., & Mahmud, A. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. Accounting Analysis Journal, 5(1).

Subramanyam, K. R., & J. Wild, J. (2010). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta.

Suryani, D. (2017). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, Beban Kerja, Pengalaman Kerja, dan Pemahaman Standar Akuntansi Pemerintahan terhadap Kemampuan Penyusunan Laporan Keuangan oleh Pejabat Penatausahaan Keuangan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah kabupaten Aceh Utara. Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi, 10(1), 37-46.

Wardani, R. N. (2014). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengalaman Kerja, Pengendalian Internal terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada Kantor Kementerian Agama Kota Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.




DOI: https://doi.org/10.26533/jad.v3i1.507

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.