Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, dan Struktur Kepemilikan saham Terhadap Nilai Perusahaan

Nur Anisah, Lia Ayu Dhila Agustina

Sari


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh struktur modal, profitabilitas dan struktur kepemilikan saham terhadap nilai perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2015-2018 yang berjumlah 25. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh 10 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel dan diperoleh 40 laporan keuangan dari 10 perusahaan yang menjadi sampel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal dan struktur kepemilikan saham tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV) namun profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraini,K.Y.& Mildawati, Titik. 2017, Pengaruh Struktur Modal, Size, Profitabilitas, Dan Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan.

Apriada, Kadek & Suardikha,M.S. 2016, Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Struktur Modal dan Profitabilitas Pada Nilai Perusahaan.

Arthur, J. Keown, John D. Martin, J. William Petty, David F. Scott, JR. 2011. Manajemen Keuangan : Prinsip & Penerapan. Indeks.co, New York.

Brigham. Eugene F dan Houston, Joel F. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan : Assetials Of Financial Management. Buku 2. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Dewi, Ayu Sri Mahatma dan Ary Wirajaya. 2013. Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], pp. 358-372. ISSN 2302-8556.

Febriana, Elia. 2016, Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Saham Manajerial dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan.

Pasaribu, Y.M., Topowijono & Sulasmiyati, Sri. 2016, Pengaruh Struktur Modal, Struktur Kepemilikan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2011-2014.

Rehman, Obaid Ur. 2016. Impact of Capital Structure and Dividend Policy on Firm Value. Journal of Poverty, Investment and Development, v.21. ISSN 2422-846X.

Riyanto, Bambang. 2010. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi ke Empat. BPFE, Yogyakarta.

Simangunsong, Karamoy, Pusung. 2018, Pengaruh Struktur Modal Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan.

Sudana, I Made. 2009. Manajemen Keuangan Teori dan Praktik. Surabaya: Airlangga University Press.

Vitalia, Arindah & Widyawati, Dini. 2016, Pengaruh Struktur Kepemilikan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Properti Di BEI.




DOI: https://doi.org/10.26533/jad.v2i2.443

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.