Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Usaha Anggota Koperasi Melati Suci

Betty Rahayu, Wina Nurhayati, Effi Indriati, Linda Ratna Sari

Abstract


Abstrak

Kegiatan Pengabdian Kepada Masaarakat (PKM) yang dilakukan tim penulis di Desa Gondang Manis Bandar kedung Mulyo melibatkan para anggota koperasi dan para pengurus koperasi Melati Suci sebagai mitra binaan. Kegiatan PKM bertujuan untuk: 1) Mengembangkan jiwa kewirausahaan, 2) Pencatatan transaksi keuangan dan penyusunan laporan keuangan, 3) Manajemn Pemasaran dan 4) Pengembangan kemamauan para pengurus koperasi. Kegiatan ini dilakukan dengan metode pelaksanaan berupa sosialisasi, pelatihan dan pendampingan intensif. Kegiatan ini dapat diselesaikan dengan baik dengan respon positif dari mitra binaan. Mitra mampu menyerap ilmu dan pengetahuan yang disampaikan oleh tim penulis. Kegiatan PKM ini diharapkan dapat dilanjutkan pada program berikutnya, khususnya untuk memantau perkembangan usaha pemasaran produk yang dikelola koperasi agar hasil yang dicapai menjadi lebih optimal.

Kata kunci: Pemberdayaan masyarakat, pelatihan, koperasi, Melati Suci

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

As’ad, Moh . 2001. Psikologi Industri. Yogyakarta : Liberty. Baswir, Revrisond. 2000. Koperasi Indonesia Edisi Pertama. Yogyakarta:BPFE. Bungin, Burhan. 2008. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta:Rajawali Press. Djamereng,

Andreas, Lako. 2004. Kepemimpinan dan Kinerja Organisasi (Isu, Teori dan Solusi). Jakarta:Asmara Books. Anoraga,

Abdurrahmat. 2006. Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Rineka Cipta. Gomes, Faustino Cardoso. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia.Yogyakarta: Andi. Hani,

Asdar. 2004. ”Efektivitas Pendidikan dan Pelatihan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di Sulawesi Selatan “Jurnal Ekonomi Resources. Hal 242-246. Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah FE-UMI.

Ardiana, dkk. 2010. Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Dalam Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.Volume 12 No.1.Hal 42-55 Surabaya : Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945.

Handoko. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya manusia.Yogyakarta: BPFE. Harijanto, dkk. 2003. “Pengaruh Pelatihan dan Pengalamn Kerja terhadap Keterampilan dan Kinerja Karyawan Koperasi Usaha Karya: Studi pada Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Tanjung Perak Surabaya”. Jurnal Aplikasi Manajemen.Volume 1 No.2. Hal 247- 253 Malang :

Pascasarjana Universitas Brawijaya Malang. Hendrajogi. 2007. Koperasi Asas-asas, Teori dan Praktek.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Pandji dan Widiyanti. 2003. Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. Jakarta:

Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.