Abstract
Abstrak Pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ini bernama Sumber Makmur Berdasarkan Rapat Musyawarah BPD No 01 Tanggal 24 Pebruari Tahun 2015. BUMDes berkedudukan di Desa Jombatan Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang Propinsi Jawa Timur. Bumdes Sumber Makmur Bertujuan untuk melayani anggota masyarakat yang berdomisili di Desa Jombatan dan bergerak di bidang Pertanian bagi masyarakat umum khususnya para petani. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Makmur dengan jenis usaha pertanian. Dalam perkembangannya, pengelolahan usaha pertanian di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Makmur sudah cukup baik namun ada beberapa produk yang belum dikembangkan. Untuk itu penulis bernama team mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Jombatan melakukan kegiatan pembenahan kelengkapan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Makmur, antara lain : 1. Pembuatan Marketplace facebook, 2. Pembuatan media blog. Kegiatan tersebut telah diselesaikan dengan baik oleh penulis bersama team mahasiswa KKN. Dengan adanya perdagangan elektronik (e-commerce) ini maka pelanggan dapat mengakses dan melakukan pemesanan dari berbagai tempat. Mengingat era teknologi canggih saat ini. Kata kunci : BUMDes Jombatan, Sumber Makmur, E-CommerceReferences
DAFTAR PUSTAKA
Adani, M. R. (2020, November 17). Kenali Apa itu Marketplace beserta Jenis dan Contoh Penerapannya. Retrieved Agustus 20, 2021, from https://www.sekawanmedia.co.id/: https://www.sekawanmedia.co.id/pengertian-marketplace/
Muryani. 2008. Pembangunan Bumdes dan Pemberdayaan Pemerintah Desa. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Nayoan, A. (2021, Juni 1). Apa itu Ecommerce? Kenali Semua Jenis dan Manfaatnya! Retrieved Agustus 20, 2021, from https://www.niagahoster.co.id/: https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-ecommerce/?amp
Purnomo. 2004. "Pembangunan Bumdes dan Pemberdayaan Masyarakat Desa." Pembangunan Bumdes dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Lombok Timur 17.
Putra, Anom Surya. 2015. "Badan Usaha Milik Desa: Spirit Usaha Kolektif Desa." Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia 9.
Rahmati. 2009. Pemanfaatan E-commerce Dalam Bisnis Di Indonesia http://citozcome.blogspot.com/2009/05/pemanfaatan-e-commerce-dalambisnis-di.html. Diakses tanggal 06 Agustus 2011.
Sukmasetya, P., Haryanto, T., Sadewi, F. A., Maulida, R. G., Aliudin, H. S., & Sugiarto, B. (2020, - -). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Media Pemasaran Global untuk Meningkatan Penjualan Produksi pada Home Industry. Retrieved Agustus 20, 2021, from https://journal.unimma.ac.id/: