Analisis SWOT Sebagai Landasan Untuk Membangun BumDes yang Berdaya Saing

Dyah Ayu Kunthi Puspitasari, Afrizal Iqbal Zulmy

Abstract


Abstrak

Pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang diprakarsai Pemerintah Pusat dan ditindaklanjut oleh Pemerintah Daerah Jombang sehingga pada tahun 2015 terbentuklah Badan Usaha Milik Desa Sumber Makmur dengan jenis usaha simpan pinjam. Seiring berjalannya waktu BUMDes Sumber Makmur memperluas usaha antara lain : unit usaha fotocopy, jasa pembayaran online, jual beli atk dan penyewaan alat berat serta merencanakan usaha membuat wahana wisata dan pujasera , melakukan kerjasama dengan pihak pabrik PT Pei Hai terkait pengadaan seragam karyawan PT Pei Hai. Untuk itu penulis beserta mahasiswa yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata di Desa Jogoloyo melakukan kegiatan pembenahan administrasi, melakukan , analisis SWOT, pembenahan laporann keuangan BUMDes, dan sosialisasi Digital Marketing. Kegiatan tersebut telah diselesaikan dengan baik oleh penulis bersama tim mahasiswa KKN dalam kurun waktu kurang lebih 30 hari (satu bulan).

Kata Kunci : Bumdes Sumber Makmur, Analisis SWOT, Digital Marketing.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Djatmiko, A. A. & Cahyoadi, B., 2020. Penguatan Strategi Pemasaran dan Pengolahan Produk Secara Inovatif Sebagai Optimalisasi Eksistensi dan Pelaku UMKM di Era New Normal. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, VIII(2).

Kumalasari, N. A., 2016. Perencanaan Strategi Promosi Melalui Analisis SWOT Pada Bisnis Delicy. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, I(2).

Putra, A. S., 2015. Badan Usaha Milik Desa:Spirit Usaha Kolektif Desa. Jakarta: KEMENDES.

Rochim, I. A., 2019. Peran Badan USaha Milik Desa (BUMDES) Dalam MEningkatkan Ekonomi Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam, Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.