Abstract
Desa Ploso memiliki banyak potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah, terdapat salah satu penggerak produk UMKM Tahu, tetapi potensi pemasaran produk tersebut dapat dikatakan kurang maksimal. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Ploso ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemasaran produk makanan Tahu melalui praktik digital marketing agar menjadi produk yang mempunyai nilai ekonomis. Kegiatan PKM ini dilaksanakan secara intensif selama 1 bulan di 26 Januari – 26 Februari 2023 dengan jadwal yang telah disepakati antara tim penulis dengan mitra binaan. Dari hasil kegiatan intensif sosialisasi dan praktik digital marketing yang telah dilakukan, dapat diperoleh hasil yang memuaskan. Mitra binaan dapat dikatakan mampu meningkatkan omzet penjualan serta memperluas segmentasi pasar melalui pemasaran online via shopee, tiktok, dan instagram. Dari hasil kegiatan yang telah dilakukan, maka diharapkan program ini dapat dilanjutkan oleh Pemerintah Desa setempat agar mitra binaan semakin berkembang.
Kata Kunci: Strategi, pengembangan, UMKM, Tahu.