Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan Atas Pengelolaan Limbah Pada Rumah Sakit Pelengkap Jombang
PDF

How to Cite

Safarina, R. (2020). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan Atas Pengelolaan Limbah Pada Rumah Sakit Pelengkap Jombang. SENMAKOMBIS : Seminar Nasional Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Dewantara, 4(2), 71-76. https://doi.org/10.26533/senmakombis.v4i2.851

Abstract

ABSTRAK Penerapan akuntansi lingkungan pada setiap entitas masih menjadi penelitian yang terus di kembangkan agar kinerja keuangan untuk lingkungan dapat memiliki perhatian khusus. Terutama pada rumah sakit yang menjadi pusat pelayanan kesehatan bagi setiap warga masyarakat yang harus lebih memperhatikan lingkungan atas limbah yang setiap hari di timbulkan yang sedikit banyak menimbulkan limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) jika tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan penyakit bagi pegawai, warga sekitar dan juga pasien dirumah sakit tersebut. Metode penelitian adalah metode penelitian diskriftif kualitatif, yaitu dengan proses wawancara, dokumentasi foto, dan survey lapangan untuk mendapatkan informasi yang tepat. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa Rumah Sakit Pelengkap Jombang tidak menggunakan penerapan akuntansi seperti teori yang ada, mereka menggunakan kebijakan rumah sakit itu sendiri dalam proses pencatatan keuangan lingkungannya. Melakukan pencatatan anggaran kesehatan lingkungan kemudian di jadikan satu pada laporan laba rugi rumah sakit. Kata kunci : Akuntansi Lingkungan, Pengelolan limbah, Rumah Sakit
https://doi.org/10.26533/senmakombis.v4i2.851
PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Aminah, & Noviani. (2014). ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI LINGKUNGAN DI RUMAH SAKIT MARDI WALUYO METRO . jurnal akuntasi dan keuangan, 1-16.

Indrawati, N. M., & Rini, I. G. (2018). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan pada Badan Rumah Sakit Umum Daerah (BRSUD) Tabanan. jurnal krisna : kumpulan riset akuntansi, 85-95.

Indrawati, N. M., & Rini, I. G. (2018). ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI LINGKUNGAN PADA BADAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (BRSUD) TABANAN. jurnal Krisna, 85-95.

Islamey, F. E. (2016). Perlakuan Akuntansi Lingkungan Terhadap Pengelolaan Limbah Pada Rumah Sakit Paru Jember. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember, 1-20.

Juliana, M. (2018). Penerapan Environtmental Accounting dalam Upaya Pencegahan Limbah Rumah Sakit(Studi Empiris pada Rumah Sakit Islam Faisal). Skripsi, 1-132.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 101 Tahun 2014 Tentang Pengelolahan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun

Kompasiana. (2018, Agustus 20). Green Accounting Berbasis Aspek Berkelanjutan. Retrieved from Beyond Blogging Kompasiana: https://www.kompasiana.com/padlah86933/5b74e6366ddcae1a2748b323/green-accounting-berbasis-aspek-berkelanjutan

Lako, A. (2011). Dekonstruksi CSR & Reformasi Paradigma Bisnis & Akuntansi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mafia. (2020). MAFIADOC.COM. Retrieved from Mafiadoc: https://mafiadoc.com/bab-ii-biaya-lingkungan-pengukuran-dan-_5a0e43d31723dd053efeb291.html

Megananda, C. (2019). Perlakuan Akuntansi Atas Biaya Lingkungan Pada RS Perkebunan dan RSUD Balung di Kabupaten Jember. Perlakuan Akuntansi, 1-17.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Putri, E. I., & Gunawan, B. (2019). Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Dan Struktur Kepemilikian Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility di Perusahaan Property dan Real Estate. Seminar Nasional dan The 6th Call For Syariah Paper, 388-406.

Rizki, P. (2018, Juni 05). voaindonesia.com. Retrieved from Jombang, Tempat Penampungan Ilegal Limbah B3 Terbesar di Jatim: https://www.google.com/amp/s/www.voaindonesia.com/amp/jombang-tempat-penampungan-ilegal-limbah-b3-terbesar-di-jatim/4425215.html

Sari, M. (2017). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan pada Rumah Sakit Umum Daerah Daya Makassar. Jurnal Riset Edisi XII, 42-54.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Y. K., & Joshua, D. (2017). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan dan Karakteristik Perusahaan Tehadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 572-591.

Tania, & Herawaty, V. (2019). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Lingkungan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Seminar Nasioanal Cendikiawan, 34-40.

Ikatan Akuntansi Indonesia. PSAK No. 1 Tentang Laporan Keuangan - Edisi Revisi 2015. Penerbit Dewan Standar Akuntansi Keuangan: PT. Raja Grafindo

Ikatan Akuntansi Indonesia. SAK ETAP- Edisi Revisi 2011. Penerbit Dewan Standar Akuntansi Keuangan: PT. Raja Grafindo

Hansen, Don R dan Maryanne M. 2013. Managerial Accounting : Akuntansi Manajerial, Edisi 8. Penerbit : Salemba Empat

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka)

Downloads

Download data is not yet available.