Memahami Strategi Pemasaran Distribusi Tali Rafia di Jogoroto Bertahan pada Masa Pandemi Covid-19
PDF

How to Cite

Mashuri, M. D. (2020). Memahami Strategi Pemasaran Distribusi Tali Rafia di Jogoroto Bertahan pada Masa Pandemi Covid-19. SENMAKOMBIS : Seminar Nasional Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Dewantara, 4(2), 53-58. https://doi.org/10.26533/senmakombis.v4i2.849

Abstract

ABSTRAK Adanya pandemic COVID-19 ini membuat perekonomian di Indonesia mengalami penurunan tidak terkecuali para pengusaha – pengusaha kecil yang harus bisa memainkan strategi pemasarannya untuk bertahan pada masa pandemic COVID-19 ini. Penelitian ini dilakukan pada UKM Spesial Tali Rafia salah satu usaha yang terkena dampak dari pandemic COVID-19 ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran distribusi tali rafia pada saat sebelum pandemic COVID-19 dan strategi pemasaran pada saat pandemic COVID-19. . Penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan tipe studi kasus. Dengan menggunakan alat bantu Software kualitatif Nvivo 12 Plus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam (in depth interiview), dokumentasi dan audio visual. Jumlah informan pada penelitian ini adalah sebanyak tiga orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display/penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi pemasaran Spesial Tali Rafia sebelum pandemic terdapat tantangan yang berasal dari pabrik yang mempengaruhi kenaikan harga dan keterbatasan barang, cara pemasaran dilakukan secara langsung, segmentasi pasar hampir seluruh daerah Jawa Timur, target dalam usaha ini adalah toko – toko, baik toko – toko kecil maupun besar dan di daerah pertanian dan perkebunan. Strategi saat pandemic tetap bersal dari pabrik yang mempengruhi harga dan barang namun juga bertambah dengan banyak daerah dan pasar yang tutup, cara pemasaran yang dilakukan tetap secara langsung hanya saja mengalami pengurangan untuk segmentasi pasar dan target tetap sama dengan strategi pada saat sebelum pandemic COVID-19. Kata kunci : Distribusi, Distribusi Tali Rafia, Strategi Pemasaran.
https://doi.org/10.26533/senmakombis.v4i2.849
PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Cahyono, H., Rudi, & Suparjan. (2020, maret 1-3). Perkembangan Tali Rafia. (M. Dea, Interviewer)

Creswell, J. W. (2017). RESEARCH DESIGN, Qulaitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hardiyanto, F. (2020). ANALISIS MARKETING SYARIAH DALAM

MENGHADAPI COVID 19. Jurnal Syntax Admiration Vol. 1 No. 1 Mei 2020.

Lukito, R. K., & Mustamu, R. H. (2013). ANALISIS STRATEGI BERSAING PADA DISTRIBUTOR GULA DI HYPERMARKETse.

Nurdiana, A. (2018, Desember). Retrieved from https://peluangusaha.kontan.co.id/news/semakin-erat-ikatan-tali-semakin- lezat-keuntungannya

Raharja, S. J., & Arifianti, R. (2013). Analisis Saluran Distribusi Hypermarket Di Kota Bandung . Staf Pengajar Administrasi Bisnis Universitas Padjajaran, 1.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarat: Kencana.

Tjiptono, F., Chandra , G., & Adriana, D. (2008). Pemasaran Strategik.

Yogyakarta: CV ANDI OFFSSET.

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka)

Downloads

Download data is not yet available.