Pengaruh Electronic Word of Mounth (Ewom) dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Shopee
PDF

How to Cite

Fitriani, I. (2019). Pengaruh Electronic Word of Mounth (Ewom) dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Shopee. SENMAKOMBIS : Seminar Nasional Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Dewantara, 3(2), 29-38. https://doi.org/10.26533/senmakombis.v3i2.840

Abstract

ABTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh promosi shopee yang sedang gencar-gencarnya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan menganalisis electronic word of mouth dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian secara online di shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE PGRI Dewantara Jombang yang pernah berbelanja secara online di Shopee. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian didapati bahwa variabel electronic word of mouth dan kepercayaan berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin positif electronic word of mouth, maka akan semakin tinggi keputusan pembelian secara online di shopee dan semakin tinggi tingkat kepercayaan konsumen, maka semakin tinggi tingkat keputusan pembelian secara online di shopee. Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Kepercayaan, Keputusan Pembelian
https://doi.org/10.26533/senmakombis.v3i2.840
PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bachdar, S. (2018, March 25). Mengapa Shopee Jadi E-Commerce yang Paling Sering di Akses. Retrieved Agustus 02, 2019, from Marketeers: https://marketeers.com/mengapa-shopee-jadi-e-commerce-yang-paling-sering-diakses/

Fhonna, R. A., & Utami, S. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keterlibatan Keputusan Pembelian dan Kepercayaan Sebagai Pemediasi Pada Konsumen Shopee DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen .

Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). e-WOM scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Canadian Journal of Administrative Sciences .

Ilham, D. A. (2017). pengaruh Kepercayaan, Keamanan, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Online Store LAZADA sebagai e-commerce Terpercaya di Indonesia . Jurnal Skripsi , 04.

Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mauludiyahwati, S. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Resiko Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei pada konsumen www.Lazada.co.id). Fakultas Ekonomi .

Prasad, S., Gupta, I. C., & Totala, N. K. (2017). Social Media Usage, Electronic Word of Mouth and Purchase Decision Involvement. Asia-Pacific Journal of Business Administration, Vol. 9 .

Prayoga, A. F. (2016). Pengaruh Fitur chating dan Tawar Pada Aplikasi Shopee Terhadap Kepuasan Pelaggan. 01-07.

Purnamasari, D., & Yulianto, E. (2018). Analisis Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo dengan Brand Image dan Brand Trust Sebagai Variabel Moderator (Survei pada Konsumen Oppo Shop Center Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis .

Putra, M. N. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Informasi, dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pelanggan Online Shop Shopee di Kota Yogyajkarta. Skripsi .

Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Bukalapak.com. Jurnal Manajemen Magister .

Schiffman, & Kanuk. (2004). Perilaku Konsumen. Jakarta: Prentice Hall.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thurau, T. H., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic Word-of-Mouth Via Consummer OpinionPlatforms: What Motivates Consumer To Articulate Themselves on Internet? Journal of Interactive Marketing .

Topbrand-award. (2018, Juli). Retrieved Mei 2019, from Top Brand Award: http://www.topbrand-award.com

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka)

Downloads

Download data is not yet available.