Pengaruh Intellectual Capital Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan
PDF

How to Cite

Maharani, R. (2019). Pengaruh Intellectual Capital Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan. SENMAKOMBIS : Seminar Nasional Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Dewantara, 3(2), 39-46. https://doi.org/10.26533/senmakombis.v3i2.836

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara empiris hubungan antara intellectual capital menggunakan model Pulic (Value Added Intellectual Coefficient-VAIC™) dan kepemilikan institusional yang diukur dengan persentase kepemilikan saham terhadap nilai perusahaan yang menggunakan (Tobin’s Q). Populasi penelitian ini adalah perusahaan otomotif dan komponenya yang terdaftar di BEI selama tahun 2014-2018 sebanyak 13 perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian dari uji T dapat dijelaskan bahwa intellectual capital tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikan sebesar 0,483 begitupun dengan hasil penelitian dari kepemilikan institusional yang menunjukkan bahwa tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikan sebesar 0,931. Kata kunci: Intellectual Capital (VAICTM), Kepemilikan Institusional, dan Nilai Perusahaan ( Tobin’s Q ).
https://doi.org/10.26533/senmakombis.v3i2.836
PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Ghozali,I .2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Ihyaul Ulum, S. M. 2016. Intellectual Capital: Model Pengukuran, Framework Pengungkapan& Kinerja Organisasi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Jl. Raya Tlogomas No.246 Malang.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2015). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta : Salemba Empat.

Rini ,Sekar Ayu. 2016. Pengaruh Modal Intelektual Dan Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods).Bandung: Alfabeta.

www.idx.co.id (Diakses bulan April 2019).

www.kompas.com (Diakses bulan April 2019)

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka)

Downloads

Download data is not yet available.