Analisis Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
PDF

How to Cite

Purwanti, E. (2019). Analisis Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). SENMAKOMBIS : Seminar Nasional Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Dewantara, 3(1), 1-6. https://doi.org/10.26533/senmakombis.v3i1.830

Abstract

ABSTRAK Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) adalah bantuan yang diberikan pemerintah untuk membebaskan biaya pendidikan bagi siswa tidak mampu dan meringankan bagi siswa yang lain, agar mereka memperolah layanan pendidikan dasar yang lebih bermutu sampai tamat dalam rangka penuntasan wajib belajar 9 tahun. Tujuan dana BOS adalah untuk penyediaan pendanaan biaya operasi non personalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan/melukiskan objek penelitian berdasarkan fakta yang ada. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi.wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Akuntabilitas pengelolaan anggaran Dana BOS di SD Negeri Curahmalang III sudah baik dapat dilihat dari tingkat transparansi dalam pengelolaan dana BOS sudah baik terbukti dengan di tempelnya hasil laporan keuangan di papan pengumuman sehingga semua warga sekolah dapat mengetahui pengelolaan dana yang ada disekolah. Kata Kunci: Dana BOS, Akuntabilitas
https://doi.org/10.26533/senmakombis.v3i1.830
PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Anggraini, R. D. (Mei - Agustus 2013). Transparansi, Partisipasi, dan Akuntabilitas pengelolaan Anggaran dana BOS dalam program RKAS di SDN Pacarkeling VIII Surabaya. Kebijakan dan Manajemen Publik ISSN 2303-341X, 1-8.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Buku Panduan Bantuan Operasional Sekolah. (2009).

Juknis BOS. (2019).

Laila, U. N. (2018). Analisis prinsip akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana bantuan operasional sekolah di SMP Negeri 3 Malang.

Mardiasmo. (2002). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka)

Downloads

Download data is not yet available.