Analisis Pengaruh Biaya Pengolahan Produk Sampingan Terhadap Laba Perusahaan
PDF (Bahasa Indonesia)

How to Cite

Chrismana, A. H. (2021). Analisis Pengaruh Biaya Pengolahan Produk Sampingan Terhadap Laba Perusahaan. SENMAKOMBIS : Seminar Nasional Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Dewantara, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.26533/senmakombis.v1i1.244

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya pengolahan produk sampingan berpengaruh terhadap laba pada perusahaan CV. Dwi Karya Sejati Bapang Jombang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier dengan pengujian hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya produk sampingan mempengaruhi laba/rugi pada perusahaan CV. Dwi Karya Sejati Bapang Jombang, dan ini dapat terlihat dari nilai t-hitung sebesar 5,632 yang memiliki nilai lebih besar dari nilai t-tabel sebesar 3,182, yang menyatakan bahwa ada pengaruh Biaya produk sampingan terhadap laba pada perusahaan CV. Dwi Karya Sejati Bapang Jombang. Pengaruh Biaya produk sampingan terhadap laba pada perusahaan CV. Dwi Karya Sejati Bapang Jombang sebesar 91,4%.
https://doi.org/10.26533/senmakombis.v1i1.244
PDF (Bahasa Indonesia)

References

Adinugroho, Mohamad. 2010, Analisis Antara Biaya Tenaga Kerja, Biaya Bahan Baku Terhadap Laba/Rugi ; Jombang

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Burhan. 2007. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat

Carter, Usry. 2011. Akuntansi Biaya. Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat

Endah. 2008. Penerapan Akuntansi Biaya Untuk Perusahaan. Yogyakarta: FE UGM

Halim, Abdul. 2004. Dasar-dasar Akuntansi Biaya. Edisi 1. Yogyakarta : Badan Penerbit Fakultas Ekonomi UGM

IAI. 2008. PSAK No 14 (revisi 2008) Tentang Persediaan. Exposure Draft : Dewan Standart Akuntansi Keuangan: Jakarta

Kumalasari, Anggraeni. 2010. Analisis Pengaruh Biaya Produk Utama Terhadap Besarnya Laba/Rugi ; Jombang

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Alih bahasa: Imam Nurmawan. Jakarta: Erlangga

Krismiaji. 2008. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Ketiga. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen

Kusumah, Arief, Budi. 2014. Pengaruh Pendapatan Produk Sampingan Terhadap Penjualan Produk Utama“ ( Studi Kasus di Perusahaan Rasa Asli Ciamis)

Mulyadi. 2009. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: STIE YKPN

Puspowarsito. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Prasetiyo, Andik. 2010. Penerapan Joint Product terhadap peningkatan laba/rugi CV. Sanjaya Mojokerto

Setiawan, Hendra. 2009. Evaluasi atas harga pokok produk sampingan dalam kaitannya dengan perhitungan laba perusahaan (study kasus pada CV. Morinda House Bogor)

Suaidah, Y. M., & Utomo, L. P. (2018). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba. Ekonis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(2).

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka)

Downloads

Download data is not yet available.