Analisa Pengaruh Arus Kas Dan Laba Akuntansi Terhadap Return Saham

Ainun Jariyah

Sari


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh arus kas dari aktivitas operasi, arus kas dari aktivitas investasi, arus kas dari aktivitas pendanaan, dan laba bersih setelah pajak terhadap return saham. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011 – 2015 yang berjumlah 17 perusahaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh 4 perusahaan sebagai sampel dan diperoleh 20 laporan keuangan dari 4 perusahaan yang menjadi sampel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil uji t dan uji f dapat dijelaskan bahwa hasil dari uji t menunjukkan arus kas dari aktivitas operasi berpengaruh signifikan terhadap return saham namun arus kas dari aktivitas investasi, arus kas dari aktivitas pendanaan, dan laba bersih setelah pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Hasil uji f menunjukkan bahwa secara bersama-sama arus kas dari aktivitas operasi, arus kas dari aktivitas investasi, arus kas dari aktivitas pendanaan, dan laba bersih setelah pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiwiratama, Jundan. 2012. Pengaruh Informasi Laba, Arus Kas, dan Size Perusahaan Terhadap Return Saham. Skripsi Universitas Brawijaya Malang.

Damayanti, Okky. 2015. Analisis Pengaruh Laba Akuntansi dan Komponen Arus Kas Terhadap Return Saham Perusahaan. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercubuana Jakarta.

Deo, Gloria Deo. 2015. Analisis Pengaruh Arus Kas Operasi, Arus Kas Investasi, Arus Kas Pendanaan, EVA, Dividend Payout Ratio Terhadap Volume Perdagangan Saham Perusahaan Industri Tekstil dan Garmen Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Universitas Sumatera Utara.

Drs. Rusdin, Msi. 2008. Pasar Modal. Alfabeta : Bandung.

Ginting, Suriani. 2012. Analisis Pengaruh Pertumbuhan Arus Kas dan Profitabilitas Terhadap Return Saham Pada Perusahaan LQ45 di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskill STIE Mikroskill.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2015. Standar Akuntansi Keuangan.

Indriani, Wahyu. 2015. Pengaruh Arus Kas Operasi, Arus Kas Investasi, Arus Kas Pendanaan, dan Laba Terhadap Tingkat Pengembalian Saham. STIE PGRI Dewantara Jombang.

Hermansyah, Iwan dan Ariesanti, Eva. 2008. Pengaruh Laba Bersih Terhadap Harga Saham (Sensus Pada Perusahaan Food and Beverage Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Universitas Siliwangi.

Hartono, Jogiyanto. 2013. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi kedelapan. Cetakan pertama. Yogyakarta : BPFE.

Nelvianti. 2013. Pengaruh Informasi Arus Kas, Laba, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Abnormal Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Universitas Padang.

Purwanti, Sri, W., Masitoh Endang, dan Chomsaatu, Yuli. 2015. Pengaruh Laba Akuntansi dan Arus Kas Terhadap Return Saham Perusahaan Yang Listing Di BEI. Jurnal Akuntansi dan Pajak UNIBA Surakarta.

Putriani, Ni Putu dan Sukartha, I Made. 2014. Pengaruh Arus Kas Bebas Dan Laba Bersih Pada Return Saham Perusahaan LQ45. E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Prof. DR. Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Prof. DR. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Saputra, Kurnia Adi dan Astika, Ida Bagus Putra. 2013. Pengaruh Informasi Laba Akuntansi dan Informasi Corporate Social And Responsibility Pada Return Saham. E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Sinaga, Hardian Hariono. 2010. Analisis Pengaruh Total Arus Kas, Komponen Arus Kas, Laba Akuntansi Terhadap Return Saham. Fakultas Ekonomi Unversitas Diponegoro.

Subramanyam, K.R dan Wild, John J. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Salemba Empat.

Sulia. 2012. Pengaruh Laba Akuntansi, Arus Kas, dan Debt To Equity Ratio Terhadap Harga Saham Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskill STIE Mikroskill.

Suwardjono. 2012. Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi ketiga. Yogyakarta : BPFE.

Utomo, L. P. (2018). Kecurangan Dalam Laporan Keuangan “Menguji Teori Froud Triangle”. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 19(1), 77-88.

Van Horne, James C., dan Wachowicz, Jr, John M. 2013. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan. Jakarta : Salemba empat.

Yocelyn, Azilia dan Christiawan, Yullus Jogi. 2012. Analisis Pengaruh Perubahan Arus Kas dan Laba Akuntansi terhadap Return Saham pada Perusahaan Berkapitalisasi Besar. Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra Surabaya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.