Penerapan Prinsip – Prinsip Akuntansi Syariah Dalam Lembaga Keuangan Syariah Di Tinjau Dari Persepsi Akuntan
PDF (Bahasa Indonesia)

How to Cite

Aprillia, A. (2021). Penerapan Prinsip – Prinsip Akuntansi Syariah Dalam Lembaga Keuangan Syariah Di Tinjau Dari Persepsi Akuntan. SENMAKOMBIS : Seminar Nasional Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Dewantara, 1(1), 36-47. https://doi.org/10.26533/senmakombis.v1i1.247

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang persepsi penerapan prinsip – prinsip akuntansi syariah dalam lembaga keuangan syariah yang ada di Kecamatan Mojoagung yang ditinjau dari persepsi akuntan BMT – Maslahah dan BMT – As Salam di Mojoagung. Penelitian ini menggunakan metode wawancara (interview) terhadap responden berkaitan dengan penerapan prinsip – prinsip akuntansi syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip – prinsip akuntansi syariah di dalam lembaga keuangan syariah khususnya di BMT – Maslahah dan BMT – As Salam, sebagian prinsip telah terlaksana namun ada beberapa hal lain dari prinsip – prinsip tersebut tidak terlaksana dengan sempurna, dikarenakan masih dipengaruhi dengan adanya keinginan untuk mendapatkan profit margin yang tinggi. Untuk kedepannya dalam praktik akuntansi syariah harus dicarikan solusi yang terbaik agar tercipta posisi yang adil dimata allah sehingga mendapatkan keberkahan bagi pelaku kegiatan syariah tersebut.

https://doi.org/10.26533/senmakombis.v1i1.247
PDF (Bahasa Indonesia)

References

Adnan, Muhammad Akhyar. 2005. Akuntansi Syariah Arah Prospek dan Tantangan. Jakarta : Gramedia.

Anton. 2012. Analisis Persepsi Akuntan Publik dan Mahasiswa Terhadap Kode Etik Ikatan Akuntansi Indonesia. Majalah Ilmiah Informatika Vol 3 No 2, Fakultas Ekonomi Universitas AKI.

Erika. 2011. Akuntan dan Auditor. https : //erika 0391989. Wordpress.com/2011/05/06/ akuntan-dan-auditor.

Firman, Abdul Hanid Habbe, & Darwis Said. 2010. Penerapan Akuntansi Syariah Ditinjau Dari Persepsi Akuntan Dan Mahasiswa Akuntansi Di Kota Makassar. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas 45 Makassar.

Harahap, Sofyan S. 2008. Akuntansi Sosial Ekonomi dan Akuntansi Islam. Jakarta : LPEE Usakti.

Ifham, S, Ahmad dan Ahmad Ismail. 2010. Pedman Umum Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2010. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta : Salemba Empat.

Ismail, Abdul Ghafar dan Ahmad Ismail. “Does the Islamic Financial sistem design matter?”. Humanomics Emerald Group Publishing Limited 22 no 1 (2006), 5-16, www.emeraldensight.com/0828-86666.htm

Muhammad. 2012. Pengantar Akuntansi Syariah. Jakarta : Salemba Empat.

Muhammad, Rifqi. 2010. Akutansi keuangan syariah (konsep dan implementasi PSAK Syariah). Yogyakarta : P3EI Press.

Nurhayati, Sri & Wasilah. 2009. Akutansi Syariah di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat.

Nurhayati, Sri & Wasilah. 2013. Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat.

Rakhmat, J. 2007. Psikologi Komunikasi. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Soemitra Andri. 2010. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta : Kencana.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. cetakan ke 22. Bandung : CV. Alfabeta.

Utomo, L. P. (2015). Pengaruh Postur Motivasi Atas Cara Pandang Wajib Pajak Kepada Fiskus Terhadap Kepatuhan Pembayaran Pajak Orang Pribadi. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 10(2).

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka)

Downloads

Download data is not yet available.