Pengaruh Profitabitas, Likuiditas dan Struktur Aktiva terhadap Struktur Modal

Desy Veronika, Elim Lisianda, Veren Iphone, Mohd Nawi Purba

Sari


Rasio yang digunakan dalam penelitian ini adalah Profitabilitas, Likuiditas dan Struktur Aktiva. Metode yang digunakan adalah penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan pengumpulan data sekunder dari laporan keuangan perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014 – 2017. Sampel 22 perusahaan Consumer Goods dengan 4 periode penelitian total 88 observasi. Model analisis dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS. Pengujian data dilakukan dengan uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi, uji F, uji T dan uji gletser. Kesimpulan dari hasil penelitian ini secara parsial Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Struktur Modal. Likuiditas dan Struktur Aktiva berpengaruh terhadap Struktur Modal sedangkan secara simultan Profitabilitas, Likuiditas dan Struktur Aktiva berpengaruh terhadap Struktur Modal. Hasil pengujian Koefisien Determinasi diperoleh Koefiesien Determinasi R Square sebesar 22%. Hal ini berarti 88% struktur modal dapat dijelaskan oleh variasi dari ketiga variabel independen, yaitu profitabilitas, likuiditas dan struktur aktiva, sedangkan (100% - 88% = 22%) dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti

Kata Kunci


Profitabilitas, Likuiditas, Struktur Aktiva, Struktur Modal

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bursa Efek Indonesia. 2019. Laporan Keuangan dan Tahunan. www.idx.co.id

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang : Universitas Diponegoro. (pustaka berupa buku)

Gumanti, Tatang Ary. 2011. Manajemen Investasi, Konsep, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media. (pustaka berupa buku)

Hery. 2017. Teori Akuntansi, Pendekatan Konsep dan Analisis. Jakarta: PT Grasindo. (pustaka berupa buku)

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. (pustaka berupa buku)

Sudana, I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan, Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga. (pustaka berupa buku)




DOI: https://doi.org/10.26533/jad.v3i1.521

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.