Manfaat Dan Kemudahan E-SPT Terhadap Penggunaan Fasilitas E-SPT Oleh Wajib Pajak Pribadi

  • Okti Duwi Lestari Universitas Islam Batik Surakarta
Abstract views: 849 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1019

Abstract

Upaya untuk meningkatkan pelaporan dan perhitungan pajak maka Direktorat Jenderal Pajak menyediakan E-SPT untuk mempermudah WP dalam memenuhi pelaporan SPT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah manfaat dan kemudahan E-SPT berpengaruh signifikan terhadap penggunaan fasilitas E-SPT di KPP Pratama Surakarta.Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 35 orang wajib pajak orang pribadi pada KPP Pratama Surakarta.Analisis data menggunakan analisis regresi berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara serentak atas manfaat dan kemudahan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan fasilitas E-SPT. Manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada wajib pajak melalui penerapan E-SPT Dan secara parsial juga manfaat berpengaruh signifikan terhadap penggunaan fasilitas E-SPT, kemudahan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan fasilitas E-SPT di KPP Pratama Surakarta.

References

Burton, Richard dan Wirawan B Ilyas.2008. Hukum Pajak. Edisi Empat. Jakarta: Salemba Empat.

Mardiasmo.2008. Perpajakan. Edisi Revisi, Yogyakarta: Andi Publisher.

Nora, Dwi.2006.Pengaruh manfaat dan kemudahan aplikasi terhadap keinginan WP untuk memanfaatkan fasilitas e-Government.Jakarta: STAN.

Pandiangan, Liberti. 2008.Modernisasi dan Reformasi Pelayanan Perpajakan Berdasarkan UU Terbaru.Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor 6/PJ/2009. Tentang Tata Cara Penyampaian Surat Pemberitahuan Dalam Bentuk Elektronik, (online).(Diakses dari www.pajak.go.id 23 Juli 2010).

Resmi, Siti.2007.Perpajakan: Teori dan Kasus 1. Edisi Keempat. Jakarta: Salemba Empat.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2007. Tentang Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan.(online).(Diakses dari www.pajak.go.id 23 juli 2010).

Utomo, L. P. (2015). Pengaruh Postur Motivasi Atas Cara Pandang Wajib Pajak Kepada Fiskus Terhadap Kepatuhan Pembayaran Pajak Orang Pribadi. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 10(2).

Purbowati, R., Purbowati, R. F. L., & Lestari, R. F. (2018). Analisis Tingkat Pertumbuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dan Penerimaan Pajak Penghasilan Setelah Ditetapkannya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 101/PMK. 010/2016 Tentang Penyesuaian Besarnya Penghasilan Tidak Kena Pajak (Study Pada KPP Pratama Sidoarjo Barat). JAD: Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Dewantara, 1(2), 77-90.

Waluyo.2008.Akuntansi Pajak. Edisi ketiga.Jakarta: Salemba Empat.

Wibowo, Arief.2006.Kajian Tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Jakarta: Jurnal Universitas Budi Luhur.

PlumX Metrics

Published
2019-06-18