Analisis Sistem Pengendalian Intern Pemberian Kredit di PT.PNM ULaMM (PERSERO) Cabang Jombang
PDF

How to Cite

Setiawan, A. P. (2019). Analisis Sistem Pengendalian Intern Pemberian Kredit di PT.PNM ULaMM (PERSERO) Cabang Jombang. SENMAKOMBIS : Seminar Nasional Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Dewantara, 3(2), 57-66. https://doi.org/10.26533/senmakombis.v3i2.835

Abstract

ABSTRAK PT. PNM UlaMM merupakan lembaga keuangan yang memiliki usaha penyaluran kredit dimana hal itu merupakan risiko utama jika terjadi kredit macet yang salah satu faktor penyebabnya adalah sistem pengendalian internnya,tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sistem pengendalian intern pemberian kredit pada PT. PNM UlaMM. Dalam hal ini berguna untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai sistem pengendalian intern pemberian kredit yang diterapkan.Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan data melalui observasi wawancara, dan dokumentasi yang bertempat di PT. PNM UlaMM.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem pengendalian intern pemberian kredit pada PT. PNM UlaMM sudah cukup baik dengan penerapan lima komponen pengendalian intern yaitu lingkungan pengendalian, penaksiran risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan. Kata Kunci: Sistem Pengendalian Intern, Pemberian Kredit
https://doi.org/10.26533/senmakombis.v3i2.835
PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Agoes, Sukrisno. 2014. Auditing Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik. Edisi keempat.Buku satu.Penerbit : Salemba Empat, Jakarta.

Amin Widjaja Tunggal, 2013, Pengendalian Internal ; Mencegah dan Mendeteksi Kecurangan, Harvarindo, Jakarta.

Amin Widjaja. 2013. Pokok-pokok Coso Based Auditing. Jakarta : Harvarindo.

Hasibuan, H. Malayu S.P. 2011. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta : Bumi Aksara.

Ismail.(2010).Manajemen Perbankan.Surabaya: Kencana.

Kasmir. (2014). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi, Cetakan keempatbelas, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Kasmir. (2014). Dasar-Dasar Perbankan. Edisi Revisi, Cetakan ke duabelas, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Lihani , Rafika 2013. Analisis manajemen kredit dan penanganan kredit bermasalah guna meminimalkan risiko kredit. Jurnal Penelitian UNS Vol 1.1 No.3.

Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Mulyaningrum , Martha Dwi ., Topowijono., dan ZA, Zahroh. 2016. AnalisisManajemen Risiko Perbankan Dalam Meminimalisir Kredit Bermasalah diBidang Kedit Modal Kerja. Malang : Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.32 No. 1 Maret 2016.

Pavia Jose M., Vares-Ferrer Ernesto J and Foix-Escura Gabriel (2012). Credit card incidents and control systems. International journal of Information Management Universitat de Valencia, Spain 32 , 501-503.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumarsan, Thomas. 2013. Sistem Pengendalian Manajemen. Jakarta: PT. INDEKS.

Yunitasari Ira, Atmanto Dwi dan Endang Maria Goretti Wi. 2015. Analisis prosedur pemberian kredit modal kerja dalam usaha mengantisipasi kredit bermasalah (Studi Pada Pt.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Jombang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 26 No. 2.

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka)

Downloads

Download data is not yet available.