Membangun Jiwa Enterpreneurship Para Wanita Di Desa Jatijajar

  • Qristin Violinda Universitas PGRI Semarang
  • Suwarno Suwarno Universitas PGRI Semarang
  • Dwi Prasetyo Universitas PGRI Semarang
  • Pipit Mugi Handayani Universitas PGRI Semarang
  • Iin Purnamasari Universitas PGRI Semarang
Abstract views: 247 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 174

Abstract

Para wanita di Desa Jatijajar dihadapkan pada masalah yang kontradiktif yaitu tuntutan pemenuhan ekonomi namun kemampuan dan kecakapan yang dimiliki masih rendah. Prioritas utama dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah upaya meningkatkan kualitas hidup wanita yang dilakukan dalam program pemberdayaan wanita melalui pelatihan enterpreneurship pada kelompok wanita melalui pemanfaatan potensi alam setempat yang ada di lingkungan. Kegiatan PKM ini dilakukan secara intensif yaitu berupa pelaksanaan workshop serta pendampingan mencakup straegi bisnis, keuangan, pemasaran sampai dengan pengajuan Nomor Ijin berusaha dan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-PIRT). Mitra kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Desa Jatijajar.Hasil akhir kegiatan ini yaitu dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan entrepreneurship wanita di desa Jatijajar dari 45% meningkat menjadi 85%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Atmodiwirio, S. (2002). Manajemen pelatihan. Jakarta: Ardadizya Jaya.

Bygrave, W.D. (1996) Enterprenership. Jakarta : Bina Aksara

Eka. (2010). Pelatihan tenaga kerja: Definisi, tujuan, manfaat dan metode pelatihan kerja. Diakses dari http://jurnal-sdm.blogspot.co.id/2010/11/ pelatihan-tenaga-kerja-definisi-tujuan_11.html

Kamil, M. (2009). Pendidikan nonformal: Pengembangan melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Indonesia (Sebuah pembelajaran dari kominkan Jepang). Bandung: Alfabeta.

Kindervatter, S. (1979). Non-formal education as an empowering process. Amherst: Centre for International and Education.

Koentjoroningrat. (1986). Pengantar ilmu Antopologi. Jakarta : Rineka Cipta

Kristanto, R. H. (2009). Kewirausahaan (entrepreneurship) pendekatan manajemen dan praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Meredith, G., et, al, (2002). Kewirausahaan, teori dan praktek. Jakarta : Penerbit PPM

Suryana, Dr. (2003). Kewirausahaan pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Jakarta : Salemba Empat.

Suwanto. (2008). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: Pasca Sarjana UPI & ALFABETA.

Tohar, M. (2000). Membuka usaha kecil. Yogyakarta: Kanisius. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Cipta Jaya Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah.

Wacik, J. & Lupiyoadi, R. (1998). Wawasan kewirausahaan. Jakarta: LPFEU.

PlumX Metrics

Published
2022-01-14
How to Cite
Violinda, Q., Suwarno, S., Prasetyo, D., Handayani, P. M., & Purnamasari, I. (2022). Membangun Jiwa Enterpreneurship Para Wanita Di Desa Jatijajar. COMVICE: Journal Of Community Service, 6(1), 19 - 26. https://doi.org/10.26533/comvice.v6i1.893