Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Sentra Industri Kerajinan Alas Kaki Toyosima (Toyomarto Singosari Malang)

  • Rr. Nugraheni Suci Sayekti Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
  • Bambang Agus Mulyadi Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
  • Muhamad Rifa’i Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
  • Retno Ayu Dewi Novitawati Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
Abstract views: 864 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1456

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin ketat saat ini mengharuskan para pengusaha menentukan strategi bisnis yang tepat untuk meghadapi pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha sandal, menganalisis lingkungan internal dan eksternal, dan merumuskan strategi pemasaran yang tepat untuk para pengusaha. Penelitian ini berjenis kualitatif, dengan pendekatan survey. Objek penelitian ini adalah sentra industri sandal yang berlokasi di Desa Toyomarto, Singosari, Malang, Jawa Timur. Penelitian ini melibatkan 35 reponden sebagai populasi sekaligus sampel penelitian. Dari hasil penelitian diketahui bahwa strategi produk dilakukan oleh pusat industri sandal di desa Toyomarto yaitu keunggulan produknya, karena produk yang dihasilkan pengusaha terkenal dengan kualitasnya yang baik. Strategi penetapan harga dilakukan dengan melihat biaya produksi, harga yang diberikan bervariasi tergantung dari jenis produk. Strategi distribusi yang dilakukan adalah mengirimkan langsung produk-produk barang kepada pelanggan grosir / distributor melalui penjualan. Strategi promosi dilakukan dengan menawarkan produknya langsung kepada distributor / distributor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan pusat statistik.pertumbuhan UMKM di indonesia .http://www.Suarapembaruan.com/index.php.

Tjiptono, F., Chandra, G., & Adriana, D. (2008). Pemasaran strategik. Yogyakarta: Andi.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong.2001. Marketing, Terjemahan: Herujati, Jilid I Cetakan Kesepuluh. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Moleong, J. Lexy. 2007. Metodologi penelitian kualitatif.

Mutiarni, R. (2017). Implementasi Electronic Data Processing Pada Koperasi Wanita. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(2 Okt), 135-148.

Prasetyo, D. W. (2018). Pembinaan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Konveksi Desa Karobelah Kecamatan Mojoagung-Jombang. Comvice: Journal Of Community Service, 2(1), 9-14.

Radiosuno, 2001. Konsep, sistem, dan konsep pemasaran, FE-UGM, Yogyakarta.

Rohim, A., & Kurniawan, I. (2017). Manajemen Usaha Dan Produksi Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Desa Carang Wulung Wonosalam. Comvice: Journal Of Community Service, 1(1), 23-28.

Sudisman, U., & Sari, A. (2008). Undang-Undang Usaha kecil 1995 dan Peraturan Perkoperasian. Jakarta: Mitrainfo.

Tull, D. S., & Kahle, L. R. (1990). Marketing management. New York, NY.: Macmillan.

PlumX Metrics

Published
2018-03-18
How to Cite
Sayekti, R. N. S., Mulyadi, B. A., Rifa’i, M., & Novitawati, R. A. D. (2018). Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Sentra Industri Kerajinan Alas Kaki Toyosima (Toyomarto Singosari Malang). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 41-50. https://doi.org/10.26533/eksis.v13i1.156
Section
Section Editor