Pengaruh Current Ratio (CR), Debt Equity Ratio (DER), Total Assets Turn Over (TATO) Dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Property And Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017

Shinta Estininghadi

Sari


Pertumbuhan laba adalah peningkatan dan penurunan laba yang diperoleh perusahaan dibandingkan dengan periode atau tahun sebelumnya, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Total Assets Turnover, Net Profit Margin terhadap pertumbuhan laba. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan data sekunder. Teknik sampel menerapkan nonprobability sampling dan sampel jenuh. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 33 laporan keuangan perusahaan sektor Property and Real Estate pada tahun 2017 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel yang berpengaruh terhadap pertumbuhan laba adalah Debt to Equity Ratio dan Total Assets Turnover, sedangkan variabel yang tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba adalah Current Ratio dan Net Profit Margin.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fahmi, Irham. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Badan Penerbit Alfabeta, Bandung.

Gunawan, A., & Wahyuni, S.F. 2013. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Perdagangan di Indonesia. Jurnal Manajemen & Bisnis, 13(1):63-84.

Ghozali, I. 2011. Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kelima. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Harahap, Sofyan Syafri. 2010. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama. Cetakan ketiga. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Prayuni, Rina. 2012. Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Net Profit Margin dan Total Asset Turn Over Terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011. Jurnal Ekonomi.

Mahaputra, I.N.K.A. 2012. Pengaruh Rasio-Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Akuntansi & Bisnis 7(2).

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Utomo, L. P. (2018). Kecurangan Dalam Laporan Keuangan “Menguji Teori Froud Triangle”. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 19(1), 77-88.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.