Pengaruh Promosi Penjualan Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian (Study Kasus pada bengkel UQ Jaya Mobil)

Ahsanulchuluqi Riang Act

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan bahwa promosi penjualan melalui media sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada bengkel UQ Jaya Mobil. Penelitian ini termasuk penelitian penjelasan/eksplanasi (explanatory research) menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang mengetahui informasi bengkel UQ Jaya Mobil melalui media sosial facebook. Sample yang digunakan yaitu konsumen yang pernah menggunakan jasa bengkel UQ Jaya Mobil sebanyak 157 responden. Desain sampel penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling (Purposive sampling). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan datanya dengan angket, wawancara, dokumentasi dan obeservasi. Skala pengukuran yang digunakan yaitu skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi penjualan melalui media sosial facebook dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen dalam memilih bengkel UQ Jaya Mobil. Semakin tinggi daya tarik promosi enjualan melalui media sosial facebook, maka semakin tinggi pula keputusan konsumen memilih bengkel pada UQ Jaya Mobil.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, Buchari . 2007, Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arianty, Nel. 2012. Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Menggunakan Kartu Mentari Pada PT. Indosat Tbk. Medan

Chaffey, Dave; Chadwick, Fiona Ellis; Mayer, Richard; dan Johnston, Kevin. 2012. Internet Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Jakarta: Prentice Hall/Financial Times.

Dewita, Fitri. 2012. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran Pizza Hut

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Terjemahan. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Terjemahan. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1,. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Masri, Singarimbun dan Efendi,Sofian. 2006. Metode Penelitian Survey. Yogyakarta : LP3ES

Mulyana . 2016. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Indihome (Studi Kasus Witel Bandung)

Nugraheni, Adhina. 2013. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Rita Pasaraya Wonosobo

Putri, Citra Sugianto. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli

Riduwan., Rusyana, A., dan Enas. 2011. Cara Mudah Belajar SPSS 17.0 dan Aplikasi Statistik Penelitian. Bandung : Alfabeta

Saladin Djaslim. 2007.Manajemen Pemasaran:Edisi. Pertama.Bandung:Linda Karya

Schiffman dan Kanuk. 2004. Riset Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka. Utama.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Penerbit CV. Alfabeta

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Penerbit CV. Alfabeta

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Thoyibie, L. 2010. Psikologi Social Media. http://komunikasi-indonesia.org. [08 Juli 2017]

http://www.bisnisrumahanpemula.com/cara-promosi-di-facebook


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.