Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Jombang

Retno Catur Kusuma Dewi, Agus Taufik Hidayat

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplanasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 35 karyawan. Teknik analisa data menggunakan analisis regrensi linier berganda dengan bantuan SPSS 16.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dan 2) komitmen organisasi berpengaruh posisi dan signifikan terhadap kinerja karyawan dalam meningkatkan kinerja karyawan pada BPJS Ketenagakerjaan.


Kata Kunci


Budaya Organisasi; Komitmen Organisasi; Kinerja Karyawan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brahmasari, I. A., & Suprayetno, A. (2009). Pengaruh motivasi kerja, kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan serta dampaknya pada kinerja perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 10(2), 124-135.

Marpaung,Renopa (2011)Pengaruh Budaya Organisasi Dan KomitmenOrganisasi Terhadap Kinerja Karyawan.

Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2011). Human resource management: Essential perspectives. Cengage Learning.

Murty, W. A., & Hudiwinarsih, G. (2012). Pengaruh kompensasi, motivasi dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan bagian akuntansi (studi kasus pada perusahaan manufaktur di Surabaya). The Indonesian Accounting Review, 2(02), 215-228.

Lestari, D. (2014). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan Regional V Bandung (Doctoral Dissertation, Universitas Widyatama).

Pratiwi, Riska. 2012. Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai padakantor pelayanan kekayaan negara dan lelang Makasar, programstudi manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UniversitasHasanudin: Makasar.

Robbins, S.P. 2006. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi.Terjemahan oleh Hadyana Pujaatmaka. 1996. Surabaya : PTPrenhallindo. Robbins, Stephen P, dan Timothy. 2008. Perilaku Organisasi. Ed.12. Jakarta:

Robbins, stephen, dan Mary Coulter. 2001. Manajemen. Jakarta: ErlanggaSalemba Empat.

Singarimbun. 2006. Metode Penelitian Survei. LP3ES. Jakarta.SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sugiyono. 2013. Statistik Untuk Penelitian. Terbitan ke-25. Alfabeta CV.Bandung.

UU No.33/1947 jo UU No.2/1951 tentang kecelakaan kerja,

Peraturan Menteri Perburuhan (PMP) No.48/1952 jo PMP No.8/1956 tentang pengaturan bantuan untuk usaha penyelenggaraan kesehatan buruh,

PMP No.15/1957 tentang pembentukan Yayasan Sosial Buruh,

PMP No.5/1964 tentang pembentukan Yayasan Dana Jaminan Sosial (YDJS), UU No.14/1969 tentang Pokok-pokok Tenaga Kerja.

PP No.34/1977 tentang pembentukan wadah penyelenggara ASTEK yaitu Perum Astek.

UU No.3 tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja (JAMSOSTEK).

PP No.36/1995 ditetapkannya PT Jamsostek sebagai badan penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja.

UU Nomor 40Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

UU No 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

Wilson, A., Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2012). Services marketing: Integrating customer focus across the firm (No. 2nd Eu). McGraw Hill.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.