Analisis Perbandingan Degree Of Financial Leverage Antara Bank Cimb Niaga Dan Bank Danamon

Siti Rohana, Aliah Pratiwi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada atau tidaknya perbedaan Degree of Financial Leverage antara Bank CIMB Niaga Tbk dan Bank Danamon Tbk. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif (perbandingan). Penelitian komparatif digunakan untuk mengetahui perbandingan Degree of Financial Leverage antara Bank CIMB Niaga Tbk (X1) dan Bank Danamon Tbk (X2).variabel dalam penelitian ini adalah DFL (Degree of Financial Leverage). Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, yaitu mengambil sampel yang ditentukan sebelumya berdasarkan maksud dan tujuan penelitian dan Sampel dalam penelitian ini adalah laporan keuangan pada Bank CIMB Niaga Tbk dan Bank Danamon Tbk selama 6 tahun mulai dari tahun 2013 sampai tahun 2018. Analisis data yang digunakan berupa uji – t Dua sampel Independen. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan Degree of Financial Leverage antara Bank CIMB Niaga Tbk dan Bank Danamon Tbk, hasil interprestasi data dapat nilai membandingkan dan . Jika ≤ , maka H0 diterima dan Ha ditolak. Jadi {(- 1,147) ≤ (2,228)}, maka H0 diterima dan Ha ditolak.

Kata Kunci


Leverage, DFL (Degree of Financial Leverage), EPS, EBIT

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Halim, A. 2015. Manajemen Keuangan Bisnis Konsep dan Aplikasinya. Jakarta Mitra Wacana Media.

Harmono. 2014. Manajemen Keuangan. Berbasis Balance Scorecard, Pendekatan Teori Kasus dan Riset Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Lukman, Syamsuddin. 2009. Manajemen Keuangan Perusahaan: Konsep Aplikasi dalam Perencanaan, Pengawasan,dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Manajemen Keuangan Perusahaan-Konsep Aplikasi dalam Perencanaan, Pengawasan dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sartono, Agus. 2016. Manajemen Keuangan Teori, dan aplikasi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan investasi: Teori dan Aplikasi. Edisi 1. Kanisius. Yogyakarta.

Utari, Dewi., Purwanti, Ari., dan Prawironegoro, Darsono. 2014. Manajemen Keuangan: Edisi Revisi. Jakarta: Mitra Wacana Media.




DOI: https://doi.org/10.26533/jad.v3i1.508

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.