Pengaruh Minat, Motivasi, Pelatihan Profesional, Gender, Lingkungan Pekerjaan Terhadap Pilihan Karir Akuntan

  • Agung Joni Saputra Universitas Universal, Batam
Abstract views: 1649 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1160

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi mahasiswa akuntansi akan minat, motivasi, pelatihan professional, gender, dan lingkungan pekerjaan terhadap pilihan karir akuntan publik dan non publik. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuisioner kepada para mahasiswa akuntansi yang berada di universitassBuddhi Dharma dan universitas Muhammadiyah Tangerang. Metode analisis untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan secara simultan bahwa minat, motivasi, pelatihan professional, gender, dan lingkungan pekerjaan terhadap pilihan karir akuntan publik dan non publik. Sedangkan secara parsial hanya variabel gender dan variabel lingkungan pekerjaan yang berpengaruh terhadap pilihan karir akuntan publik dan non publik, sedangkan variabel minat, motivasi, dan pelatihan profesional tidak berpengaruh terhadap pilihan karir akuntan publik dan non publik.

 

 

References

Andersen, W. (2012). Analisis Persepsi Mahasiswa Akuntansi Dalam Memilih Profesi sebagai Akuntan.

Djaali, & M. (2007). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Gunawan, Aprilia., R. W. (2014). Jurnal Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pilihan Karir Mahasiswa Akuntansi Sebagai Akuntan Publik, General Accountant, Dan Non Akuntan. Tax & Accounting, 4.

Jumamik. (2007). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Akuntan.

Rahayu, S. (2011). Sumber : SNA VI, Sri Rahayu.

Rivai, V. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan (1st ed.). PT. Raja Grafindo Persada.

Utomo, L. P. (2018). Kecurangan Dalam Laporan Keuangan “Menguji Teori Froud Triangle”. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 19(1), 77-88.

Sandjaja, B.,&Heriyanto, A. (2006). Panduan Penelitian. Jakarta: Prestasi Pustaka. Siagian, S. (2008). Filsafat Administrasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sri Rahayu, Eko Arief S, D. S. (2003). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Karir. Simposium Nasional.

Stephen P. Robbins, Timothy A. Judge, B. M. (2009). Organizational Behavior (13th ed.). Stephen P. Robbins, Timothy A. Judge, B. M. (2011). Organizational Behaviour. Australia: Corporate Culture.

Suyono, N. A. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Unsiq). Jurnal PPKM, II, 69– 83.

Wijayanti. (2003). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Mahasiswa Akuntansi di Yogyakarta. Riset Akuntansi Indonesia, 3(2).

PlumX Metrics

Published
2019-07-05