Kesiapan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dalam Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah Untuk Menunjang Kinerja

Nur Anisah, Lilik Pujiati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan UMKM dalam penerapan Laporan Keuangan UMKM di Jombang dan kendala-kendala yang dihadapi serta perannya dalam menunjang kinerja UMKM. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui teknik wawancara serta pengamatan langsung terhadap obyek penelitian pada 16 UMKM Unggulan di Jombang. Hasil penelitian menunjukkan ketidaksiapan pelaku UMKM dalam menerapkan laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM. Kendala yang dialami oleh pelaku UMKM dalam pencatatan akuntansi dan pembuatan laporan keuangan adalah tidak memiliki sumberdaya khusus yang menangani pencatatan akuntansi dan laporan keuangan, sedangkan pengelolaan usahanya dilakukan oleh pemilik yang tidak memahami tentang akuntansi dan laporan keuangan. Sebagian diantara pelaku UMKM juga menganggap bahwa laporan keuangan tidak terlalu dibutuhkan karena dana yang dikelola adalah dana pribadi yang tidak dipertanggungjawabkan pada pihak lain. Beberapa pelaku UMKM mengakui bahwa sebenarnya pencatatan akuntansi maupun laporan keuangan bermanfaat untuk menunjang kinerja usahanya, namun karena kendala yang ada, mereka belum siap menerapkan SAK EMKM pada usaha mereka meskipun beberapa diantaranya pernah memperoleh pelatihan akuntansi.

 


Kata Kunci


Kinerja; SAK; EMKM; UMKM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin, Eli. 2016. Pengembangan Industri Kecil Kerajinan Manik-Manik (Studi Pada Dinas Koperasi Dan Umkm Kabupaten Jombang).Jurnal Administrasi Public. Vol 4, No.11.

Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) (Studi Kasus UD. Multi Mulia Megah, Tingkir Lor, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga). Skripsi.Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga.

Ediraras, Dharma T. 2010. Akuntansi dan Kinerja UKM. Jurnal Ekonomi Bisnis. No. 2, Volume 15.

Hanum, Zulia. 2013. Pengaruh Persepsi Pengusaha Kecil Atas Informasi AkuntansiKeuangan Terhadap Keberhasilan Perusahaan (Survei Pada Usaha-

Hartini, Sri. 2012. Peran Inovasi: Pengembangan Kualitas Produk dan Kinerja Bisnis. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. Vol.14, No. 1, Hal: 82-88

Jusup, Al. Haryono. 2011. Dasar-dasar Akuntansi. Jilid 1.Edisi ke-7. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN. Yogyakarta.

Musmini, Lucy Sri. 2013. Sistem Informasi Akuntansi Untuk Menunjang

Notohatmodjo, Tegar Satriyo. 2014. Evaluasi Terhadap Sistem Pencatatan Akuntansi Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Studi Kasus Di Kota Semarang).

Pemberdayaan Pengelolaan Usaha Kecil (Studi Kasus Pada Rumah Makan Taliwang Singaraja).Jurnal Riset Akuntansi. Vol. 2, No. 1,ISSN 2337-537X.

Putra, Hermon Adhy. 2012. Penyusunan Laporan Keuangan Untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa

Rokhayati, Isnaeni. 2011.Pengukuran Kinerja Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM): Suatu Telaah Pustaka. Hal 94-100.

Sariningtyas, Pratiwi dan Tituk Diah W. 2011.Standar Akuntansi Keuangan Entitas TanpaAkuntabilitas Publik Pada Usaha Kecil dan Menengah.Vol. 1, No. 1, Hal.90-101.

Senoaji, Aditya Rizqi. 2014. Gap Analysis Penerapan Sak Etap Pada Penyusunan Laporan Keuangan Ukm Di Kabupaten Kudus (Studi Pada Ukm Padurenan Jaya).Skripsi. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis. Universitas Diponegoro. Semarang.

Skripsi.Fakultas Ekonomika Dan Bisnis. Universitas Diponegoro. Semarang.

Sudaryanto, Ragimun dan Rahma Rina Wijayanti.Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas Asean.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : CV Alfabeta.

Susanto, Edi. 2011. Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) di UMKM Kelurahan Mojosongo Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Skripsi.Fakultas Keguruan dan Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Tri, Dani Danuar. 2013. Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi KreatifDi Kota Semarang.Skripsi. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis.Universitas Diponegoro. Semarang.

Usaha Kecil Di Kota Medan). Jurnal Riset Akuntansi Bisnis. ISSN :1693-7597.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.