Pengukuran Kinerja Pemerintah Kabupaten Jombang Menggunakan Balance Scorecard

Yuliasnita Verlandes, Suspa Hariati

Sari


Balance Scorecard telah diaplikasikan untuk penyelesaian kelemahan yang telah ada sebelumnya. Awal diterapkannya balance scorecard hanya digunakan pada organisasi profit oriented saja, tetapi saat ini banyak organisasi nirlaba yang juga menggunakan balance scorecard sebagai salah satu instrumen di dalam strategi mereka. Balance scorecard mampu mengkaitkan setiap prespektif yang ada di dalamnya. Tujuan utama dari organisasi sektor publik ialah kepuasan masyarakat sebagai pelanggan mereka, sehingga untuk mengetahui ekspektasi atau harapan yang diinginkan masyarakat serta untuk mengetahui cara para pegawai pemerintah dalam memenuhi harapan masyarakat serta untuk mengetahui ekspektasi atau harapan yang diinginkan masyarakat serta untuk mengetahui cara para pegawai pemerintah dalam memenuhi harapan masyarakat tersebut dibutuhkan metode strategi dan pengukuran balance scorecard sebagai jawabannya. Salah satu contohnya adalah Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Jombang, dimana dalam pengukuran kinerja belum menggunakan metode balance scorecard. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi pengukuran kinerja dengan menggunakan balance scorecard pada Pemerintah Daerah Kabupaten Jombaang. Jenis penelitian ini adalah penelitian mix method. Hasil dari penelitian adalah mengukur kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang yang akan disimpulkan dalam tiga indikator yaitu berhasil, cukup berhasil, dan kurang berhasil.


Kata Kunci


Balance Scorecard; Pemerintah Daerah; Pengukuran Kinerja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anthony A. Atkinson, Robert S. Kaplan & friends. 2012. Management Accounting: Information for Decision Making and Strategy Execution. Harlow: Pearson Education Limited.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Jombang. 2015. Pemerintah Kabupaten Jombang BPKP. 2000. Pengukuran Kinerja Suatu Tujuan pada Instansi Pemerintah. Jombang: BPKP

Faisol, A. (2012). Pengukuran kinerja dengan analisis balanced scorecard pada PD. BPR Bank Daerah Lamongan (Doctoral dissertation, STIESIA SURABAYA).

Khumaedi, M, Sunyoto dan Burhan, M . 2010. Program Keahlian pada Sekolah Menengah Kejuruan dan Kesesuaiannya dengan Kebutuhan Tenaga Kerja di Kabupaten Semarang. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin (PTM). Volume 11, No.1.

Koesomowidjojo, Suci R.M. 2017. Balance Scorecard. Jakarta:Raih Asa Sukses

Nugroho, Riant. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Rajawali Pers

Purbowati, R., & Utomo, L. P. (2015). Menelusuri Hubungan Kausal Antara Penerapan Sistem Pengendalian Internal, Kesejahteraan Karyawan Dan Brand Image Rumah Sakit Ibu Dan Anak (Rsia) Muslimat Jombang. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 5(1), 195-202.

Prasetya, H. E., Subroto, B., & Saraswati, E. (2017). Analisis Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Balanced Scorecard dan Data Envelopment Analysis. Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan, 5(1).

Sumarjo, H. (2010). Pengaruh karakteristik pemerintah daerah terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah (Doctoral dissertation, UNS).

Sugiyono & Eri Wibowo. 2004. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Ulum, Ihyaul. 2009. Audit Sektor Publik: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara

Wibowo, T. J., Supriyadi, S., & Gerry, A. D. P. (2017). Strategi peningkatan kinerja rantai pasok agrobisnis melon apollo di kota cilegon. Prosiding Semnastek.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.