Analisis Pengaruh Biaya Pengolahan Produk Sampingan Terhadap Laba Perusahaan

  • Omi Pramiana STIE PGRI Dewantara Jombang
  • Khoirul Umam Hasbi STIE PGRI Dewantara Jombang
Abstract views: 722 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 326

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui biaya pengolahan produk sampingan berpengaruh terhadap laba pada perusahaan CV. Dwi Karya Sejati Bapang Jombang.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier dengan pengujian hipotesis dengan uji t.Hasil penelitianmenunjukkan bahwa biaya produk sampingan mempengaruhi laba/rugi pada perusahaanCV. Dwi Karya Sejati Bapang Jombang, dan ini dapat terlihat dari nilai t-hitung sebesar 5,632 yang memiliki nilai lebih besar dari nilai t-tabel sebesar 3,182, yang menyatakan bahwa ada pengaruh Biaya produk sampingan terhadap laba pada perusahaanCV. Dwi Karya Sejati Bapang Jombang. Pengaruh Biaya produk sampingan terhadap laba pada perusahaanCV. Dwi Karya Sejati Bapang Jombang sebesar 91,4%.

References

Adinugroho, Mohamad. 2010, Analisis Antara Biaya Tenaga Kerja, Biaya Bahan Baku Terhadap Laba/Rugi ; Jombang

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Edisi pertama.Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

IAI. 2008. PSAK No 14 (revisi 2008) Tentang Persediaan. Exposure Draft :Dewan Standart Akuntansi Keuangan: Jakarta

Kumalasari, Anggraeni. 2010. Analisis Pengaruh Biaya Produk Utama Terhadap Besarnya Laba/Rugi ; Jombang

Kusumah, Arief, Budi. 2014.Pengaruh Pendapatan Produk Sampingan Terhadap Penjualan Produk Utama“ ( Studi Kasus di Perusahaan Rasa Asli Ciamis)

Mulyadi. 2009. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: STIE YKPN

Setiawan, Hendra. 2009. Evaluasi atas harga pokok produk sampingan dalam kaitannya dengan perhitungan laba perusahaan (study kasus pada CV. Morinda House Bogor)

Sugiyono, (2011) Statistika untuk Penelitian, Bandung: Penerbit Alfabeta..

Suaidah, Y. M., & Utomo, L. P. (2018). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba. Ekonis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(2).

PlumX Metrics

Published
2019-07-05