Optimalisasi Produksi Produk Olahan Berbahan Dasar Salak Di Desa Jatirejo, Kecamatan Diwek, Jombang

  • Benih Hartanti STIE PGRI Dewantara Jombang
  • Wenda Wahyu Christiyanto STIE PGRI Dewantara Jombang
  • Nuri Purwanto STIE PGRI Dewanatara Jombang
Abstract views: 404 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 764

Abstract

Kegiatan pendampingan yang dilakukan tim penulis di Desa Jatirejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang – Jawa Timur dengan sumber dana dari hibah kementrian Riset dan teknologi Pendidikan Tinggi (kemenristekdikti) melalui Program Kerjasama Mitra, bertujuan untuk meningkatkan perekonomian Desa Jatirejo yang terkenal sebagai penghasil buah Salak dengan memberdayakan kelompok ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai mitra. Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 3 (tiga) bulan dengan menitikberatkan pada pengolahan buah salak dalam berbagai varian produk yaitu minuman sari salak serta jenang salak, dengan disertai pemberian bantuan alat produksi kepada mitra. Dengan bermodalkan semangat membangun perekonomian desa dan kerja keras serta gotong royong, pada akhirnya produk minuman sari salak dapat dipasarkan dan laku terjual sebanyak 1600 cup ukuran 120 ml, dan jenang salak terjual sebanyak 150 Kg, dengan sebaran konsumen di wilayah Jawa Timur, Jawa Barat, Jakarta, Bali dan Sulawesi Utara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Prawoto, N. (2012). Model Pengembangan Dan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kemandirian Untuk Mewujudkan Ketahanan Ekonomi Dan Ketahanan Pangan (Strategi Pemberdayaan Ekonomi Pada Masyarakat Dieng Di Propinsi Jawa Tengah). Jurnal Organisasi dan Manajemen, 8(2), 135-154.

Rosfadhila, M., Toyamah, N., Sulaksono, B., Devina, S., Sodo, R. J., & Syukri, M. (2011). Kajian Cepat Pelaksanaan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) 2008 dan Evaluasi Penerima Program BLT 2005 di Indonesia. SMERU Research Institute, 1-107.

Sumantra, I. K., Yuesti, A., & Sudiana, A. K. (2015). Pengembangan model agrowisata salak berbasis masyarakat di Desa Sibetan. Jurnal Bakti Saraswati (JBS), 4(2).

Tempo.co. (2017, Januari 28). tempo.co. Retrieved from bisnis.tempo.co: https://bisnis.tempo.co/read/840600/kemendes-prioritaskan-ini-untuk-kemajuan-desa-2017/full&Paging=Otomatis

Zulfikar, W. (2017). Dampak Sosial, Ekonomi Dan Politis Dalam Pembangunan Bandara Udara Kertajati Di Kabupaten Majalengka. Jurnal Caraka Prabu, 1(01), 58-77.

PlumX Metrics

Published
2018-10-17
How to Cite
Hartanti, B., Christiyanto, W. W., & Purwanto, N. (2018). Optimalisasi Produksi Produk Olahan Berbahan Dasar Salak Di Desa Jatirejo, Kecamatan Diwek, Jombang. COMVICE: Journal Of Community Service, 2(2), 35-45. https://doi.org/10.26533/comvice.v2i2.180