Pelatihan Dan Pendampingan Manajemen Usaha Wanita Pengrajin Kemplang Panggang Di Kota Palembang

Yusleli Herawati, Yahya Yahya, Abdul Hamid

Sari


Kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi pelatihan, pembinaan, dan pendampingan terhadap Usaha Wanita Pengrajin Kemplang Panggang di Kelurahan Pipa Reja Kota Palembang dengan melibatkan 2 (dua) orang mitra. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman, pembekalan, dan pelatihan kepada pengrajin kemplang panggang dalam aspek produksi, pemasaran, pembiayaan, dan adminitrasi agar usaha kemplang panggang dapat lebih berkembang. Berdasarkan hasil pengamatan awal dapat diidentifikasi beberapa permasalahan antara lain: 1) Jumlah produksi yang tidak stabil, 2) Produk yang kurang higienis, 3) Peralatan kerja kurang memadai, 4) Keterbatasan modal kerja, 5) Belum memiliki identitas promosi, dan 6) Belum menerapkan pembukuan usaha.

Metode pelaksanaan dalam kegiatan ini terbagi dalam beberapa tahapan yaitu: 1) Tahap persiapan dan perencanaan, 2) Tahap implementasi kegiatan, 3) Tahap evaluasi dan monitoring, dan 4) Tahap refleksi. Dari hasil kegiatan tampak bahwa terjadi peningkatan daya saing pengrajin kemplang panggang dan penerapan IPTEK, kemampuan pembuatan laporan keuangan usaha, dan pemanfaatan sosial media untuk pemasaran online. Selain itu, mitra juga sudah mampu melakukan manajemen usaha dan membuat proposal kredit bank dan pembentukan paguyuban usaha. 


Kata Kunci


Kemplang; Pipa Reja; Manajemen Usaha; Pengabdian masyarakat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hasan, Bachtiar. 2003. Manajemen Industri. Bandung: Ramadhan Citra Grafika.

Hartarto, Airlangga dan Muhajir. 2013., “Pemberdayaan Koperasi dan UMKM Dalam Rangka Peningkatan Perekonomian Masyarakat (www.depkop.go.id/phocadownload/Rakernas_2013/komisi%20vi%20dpr-ri.pdf)

Kasih, Yulizar dan Rini Aprilia. 2013.”The Competitiveness of Indonesian Micro- Small-Medium Enterprises (MSMEs) Facing ASEAN Economic Community (AEC) in 2015”, Proceeding, ICEISM 2014, p.159.

Kuncoro, Mudrajad (2013), ”Usaha Kecil di Indonesia : Profil, Masalah, dan Strategi Pengembangan,” www.mudrajad.com (diakses 26/12/2014).

Alfianto, E. A., Sos, S., & AB, M. (2012). Kewirausahaan: Sebuah Kajian Pengabdian Kepada Masyarakat. HERITAGE, 1(2), 33-42.




DOI: https://doi.org/10.26533/comvice.v3i1.174

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.