Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil (Studi Kasus Mobil LCGC di Surakarta)

Budi Istiyanto, Lailatan Nugroho

Abstract


Abstract

This study aimed to determine the effect of variable brand image, price, quality of product to decision of purchasing a car LCGC (Low Cost Green Car), either partial or jointly and to find among variables brand image, price, and quality of products which are larger role in influencing purchasing decisions LCGC car.

Data collection techniques researchers did by observation and questionnaires directly by visiting the object of the research is to consumers who have made a purchase decision, especially type Agya LCGC car, AYLA, and Karimun Wagon R in Surakarta which would then be sampled. The data have been collected and tabulated and analyzed using multiple regression analysis.

The results showed that the variables that significantly affect purchasing decisions is price and quality of products. While the variable Brand Image does not affect significantly. While the variables that affect predominantly variable price.

Keyword: Brand Image, Price, Quality Product, Purchase Decision

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variable brand image, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian mobil LCGC (Low Cost Green Car) baik secara partial maupun secara bersama-sama dan untuk mengetahui diantara variable brand image, harga, dan kualitas produk mana yang lebih berperan dalam mempengaruhi keputusan pembelian mobil LCGC.

Teknik pengumpulan data peneliti lakukan dengan cara observasi dan penyebaran kuisioner secara langsung dengan cara mendatangi obyek penelitian yaitu kepada konsumen yang telah melakukan keputusan pembelian mobil LCGC terutama type AGYA,AYLA, dan Karimun Wagon R di wilayah Surakarta yang selanjutnya akan dijadikan sampel. Data yang telah terkumpul kemudian ditabulasi dan diolah dengan menggunakan analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang mempengaruhi secara signifikan keputusan pembelian adalah harga dan kualitas produk. Sedangkan variabel Brand Image tidak mempengaruhi secara signifikan. Sedangkan variabel yang berpengaruh secara dominan adalah variabel harga.

Kata kunci: Brand Image, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian



DOI: https://doi.org/10.26533/eksis.v12i1.75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Under License Creative Commons Attribution 3.0 License

Indexed By:

 

Flag Counter

 

View MyStat View MyStat