Model Penerapan Informasi Pada Usaha Kecil Dan Menengah Di Kota Palembang

  • Fetty Maretha
  • Sepriansyah Sepriansyah
  • Ahmad Ari Gunawan
Abstract views: 481 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 448

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuat model penerapan informasi pada UKM di Kota Palembang yang baru berdiri tiga tahun. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif berupa analisa (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) yang disingkat SWOT. Jumlah responden sampel sebanyak 116 orang pelaku/pemilik UKM di Kota Palembang yang baru berjalan selama tiga tahun dan memiliki hasil penjualan maksimal Rp300.000.000/tahun. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi.  Hasil penelitian menunjukan bahwa perlunya komitmen pemilik UKM, karena akan menguatkan konsep  analisis kebutuhan pemanfaatan teknologi informasi. Zona informasi broadscope diperlukan untuk memperhatikan pesaing, kematangan perencanaan keuangan masa depan, dan untuk memperkuat keunikan usaha. Setelah hal tersebut dipenuhi maka dilakukan implementasi teknologi informasi dan digitalisasi marketing yang nantinya akan menunjang  efisiensi operasional usaha dan peningkatan strategi pemasaran. Pada posisi inilah zona peran pihak eksternal, peran penting berbagai pihak diperlukan. Hasil akhirnya adalah peningkatan pada kinerja UKM yang ditunjang oleh kuatnya orientasi kewirausahaan para pemilik usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bastian, Indra dan Suhardjono. 2006. Akuntansi Perbankan. Edisi 1. Jakarta: Salemba Empat.

Caldeira, Mario M. and John M. Ward. 2003. “Using Resource-based Theory to Interpret the Successful Adoption and Use of Information Systems and Technology in Manufacturing Small and Medium-sized Enterprises.” European Journal of Information Systems, 12, 127-141.

Chenhall, R. H. and Morris. 1986.”The Impact os Structure, Environment and Interdependence on the Perceived Usefulness of Management Accounting System”, The Accounting Review. Vol.6, No.1.

Herdiansyah, Singgih dan Andri Prastiwi. 2012. Pengaruh Karakteristik Informasi Sistem Akuntansi Manajemen dan Desentralisasi terhadap Kinerja Manajerial dengan ketidakpastiaan Lingkungan sebagai Variabel Modrating, Jurnal Akuntansi dan Bisnis Vol. 4 No. 2, Universitas Diponegoro.

Maksoud, Samer Sayed Abdel and Mohamed Abdel Aziz Youssef. 2003. Information and Communication Technology for Small and Medium Enterprises in Egypt (Case Study). Cairo: SME Development Unit Ministry of Foreign Trade Egypt.

Rangkuti, Freddy.,2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Urata, Shujiro. Policy Recommendation for SME Promotion in the Republic of Indonesia, JICA Senior Advisor to Coordination Minister of Economy, Finance and Industri, Jakarta, 2000. Hlm 5-13.

PlumX Metrics

Published
2018-10-02
How to Cite
Maretha, F., Sepriansyah, S., & Gunawan, A. A. (2018). Model Penerapan Informasi Pada Usaha Kecil Dan Menengah Di Kota Palembang. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 93-100. https://doi.org/10.26533/eksis.v13i2.173
Section
Section Editor