Pengaruh Produk , Harga dan Promosi Terhadap Minat Konsumen Untuk Melakukan Pembelian Kerajinan Tangan Rotan

Vivy Kristinae

Sari


Berkembang pesatnya mode dalam globalisasi menjadi sorotan pengrajin dalam mengolah bahan mentah dari alam untuk menjadi salah satu kebutuhan yang dapat digunakan masyarakat dengan bangga untuk menggunakan produk yang unik karena ada nilai budayanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh produk, harga dan promosi terhadap minat konsumen dalam memutuskan untuk membeli produk kerajinan tangan berbahan dasar rotan. Populasi dalam penelitian ini adalah pengrajin dan penjual kerajinan tangan di Kerang Bengkirai Palangkaraya, dan yang menjadi sampel adalah 100 orang responden yang diambil secara acak. Alat analisa data menggunakan regresi linear berganda, dengan alat bantu pengolahan SPSS. Dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel produk, harga, dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap Variabel minat beli konsumen. Dari angka R square (R2) menunjukkan    53,4% variable minat beli konsumen dapat di jelaskan oleh ketiga variable independen secara persamaan regresi, sedangkan sisanya di pengaruhi factor lain diluar penelitian ini. Dari uji t di hasilkan produk (3,562),harga (6,126),promosi (6,346) dengan signifikan sebesar >0,05 , secara parsial berpengaruh terhadap minat beli konsumen untuk memutuskan membeli produk.


Kata Kunci


Minat Konsumen,Produk,Harga dan Promosi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, Buchari, 1992, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa,Bandung : Alfa Beta

Kotler,Philiph and Gary Armstrong, 2007, Marketing : An Introduction, Fourth Ed, Prentice Hall, Canada

Kotler, Philiph dan Kevin Lane Keller,(2007), Manajemen Pemasaran,Edisi 13,Jakarta : Erlangga

Lupiyoadi, R. (2014). Pemasaran Jasa.

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dab R & D,Bandung: Alfabeta

Sumarwan,Ujang, (2004). Perilaku Konsumen, Ghalia Indonesia.

Swastha, Basu, Dh., dan Hani Handoko, 1987, Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Yogyakarta ; Liberty.

Tjiptono, Fandy (1998), Strategi Pemasaran, Edisi Kedua Yogyakarta : Andi Offset, Yogyakarta.

Winardi, 1989, Marketing dan Perilaku Konsumen, Bandung : Mandar Maju

Istiyanto, B., & Nugroho, L. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil (Studi Kasus Mobil LCGC di Surakarta). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(1 Apr).

Jayanti, R. D., & Zuhri, M. Z. (2017). Analisis Pengaruh Iklan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Teh Pucuk Harum Pada Konsumen De Nala Foodcourt. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(1 Apr).




DOI: https://doi.org/10.26533%2Feksis.v13i1.131

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Diindeks oleh:

             

 

 

Flag Counter

 

View My Stats