Kemampuan Informasi Komponen Arus Kas Dan Laba Dalam Memprediksi Arus Kas Masa Depan

Yunip Mudjati Suaidah

Sari


Laporan keuangan merupakan salah satu informasi penting yang dikeluarkan perusahaan kepada para investor di pasar modal, dimana fokus utama laporan keuangan tersebut adalah pada laporan laba rugi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah informasi komponen arus kas (arus kas operasi arus kas investasi, arus kas pendanaan dan laba) memiliki kemampuan dalam memprediksi arus kas masa depan secara parsial dan simultan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah laporan keuangan yang sudah diaudit Perusahaan Jasa Sektor Asuransi Yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2014 dan sampel yang diambil adalah 10 perusahaan yang selama 5 tahun melaporkan laporan keuangan secara lengkap. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa secara parsial, kemampuan arus kas operasi, arus kas investasi dan variabel laba berpengaruh terhadap arus kas masa depan. Sedangkan arus kas pendanaan tidak berpengaruh terhadap arus kas masa depan. Secara simultan komponen arus kas dan laba juga berpengaruh secara signifikan terhadap arus kas masa depan.


Kata Kunci


Arus, Kas, Operasi, Investasi, Laba

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dahler, Yolanda dan Febrianto, Rahmat, (2006), “Kemampuan Prediktif Earnings dan Arus Kas dalam Memprediksi Arus Kas Masa Depan”, Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang.

Fuji Sri Mar’ati. (2009). Pengaruh Laba Akuntansi dan Arus Kas Terhadap Abnormal Return Saham. Among Makarti, Vol. 2, No. 4,

Harahap, S. S. 2007. Kerangka Teori dan Tujuan Syariah Akuntansi. Edisi I. Penerbit : PT Raja GrafindoPersada. Jakarta.

Hery. 2009. Akuntansi Keuangan Menengah I. Edisi I, Bumi Aksara, Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia .2015 .Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Edisi 2015. Penerbit :SalembaEmpat . Jakarta.

Indrianto, N. Bambang, S. 2007, Metode Peneltian Bisnis Akuntansi dan Manajemen. BPFE, Yogjakarta.

Kieso, Donal E, Weygandt, Jerry J,and Warfield, Terry D. 2010. Akuntansi Intermediate, Edisi Ketiga Belas, Jilid 1, Diterjemahkan oleh Yati Sumiharti dan Suryadi Erlangga, Jakarta.

Kusumawardana, Sujono, dan Lestari. (2013). Pengaruh Laba dan Arus Kas Terhadap Kemampuan Memprediksi Arus Kas Masa Depan (Studi Pada Perusahaan yang Masuk dalam LQ 45 di Bursa Efek Indonesia)

Mufidah, E. (2017). Analisis Laba, Arus Kas Operasi Dan Nilai Buku Ekuitas Terhadap Harga Saham. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(1 Apr).

Martini, D. Veronica, S. Whardani, R. Farahmita, A. Tanujaya, E. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah, Berbasis PSAK. Buku I, SalembaEmpat, Jakarta.

Pujiati, L., 2015. Pengaruh Penggunaan Modal Kerja Terhadap Tingkat Profitabilitas Pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik Dan Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, November, Volume 10, pp. 205-214.

Respati, H., & Yandono, P. E. (2008). Tinjauan Tentang Variabel-variabel Camel Terhadap Laba Usaha Pada Bank Umum Swasta Nasional. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 12(2), 283-295.

Rudianto, 2012. Pengantar Akuntansi dan Konsep Penyusunan Laporan Keuangan, Adaptasi ISRF. Erlangga, Jakarta.

Sticce, Earl K, Stice, James D and Skousen, K. Fred. 2014. Intermediate Accounting, Edisi ke-16, Buku 2, SalembaEmpat, Jakarta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sumarjo, H. (2010). Pengaruh karakteristik pemerintah daerah terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah (Doctoral dissertation, UNS).

Susilowati, Y. (2011). Reaksi signal rasio profitabilitas dan rasio solvabilitas terhadap return saham perusahaan. Dinamika Keuangan dan Perbankan, 3(1).

Umar, H. (2001). Strategic management in action. Gramedia Pustaka Utama.

Yuwana, V. dan Jogi Cristiawan, Y. (2014). Analisa Kemampuan Laba dan Arus Kas Operasi dalam Memprediksi Arus Kas Operasi Masa Depan. Business Accounting Review, Vol. 2, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.26533/eksis.v12i2.105

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
Bekerja dibawah lisensi Creative Commons Attribution 3.0 License

Diindeks oleh:

             

 

 

Flag Counter

 

View My Stats