Pengaruh Kualitas Pelayanan Pegawai Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa

Rahmat Yuliawan

Sari


Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan administrasi pegawai administrasi akademik terhadap kepuasan mahasiswa D3 manajemen kesekretariatan dan perkantoran Universitas Airlangga dengan melibatkan 129 mahasiswa sebagai responden. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dengan menggunakan kuisioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan dengan opsi jawaban tertutup dengan menggunakan skala likert. Metode analisis yang digunakan adalah uji – F, uji – T, uji determinasi,ujiregresi linear berganda, uji validitas dan reliability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari variabel kehandalan, Responsif, keyakinan, empati, wujud, secara bersama – sama memiliki pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa D3 Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran Universitas Airlangga. Dari lima variabel yang mempengaruhi kepuasan mahasiswaD3 Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran Universitas Airlanggam ditemukan bahwa Keyakinan memiliki penggaruh yang paling dominan terhadap kepuasan mahasiswa D3 Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran Universitas Airlangga jika dibandingkan dengan variabel yang lain.


Kata Kunci


Kehandalan, Renponsif, Keyakinan, Empati, Wujud, Kepuasan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, V., & Yoestini, Y. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, dan Nilai Pelanggan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Joglosemar Bus (Studi Pada Wilayah Semarang Town Office) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Amalia, C. H. (2010). Hubungan antara Kepuasan Konsumen dan Kualitas Pelayanan dengan Loyalitas Konsumen pada Ritel Modern (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Ariani, L. (2015, Nopember). Analisis Faktor-Faktor Kepuasan Karyawan PT OSI Electronics Display Batam. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 196-204.

Tjiptono, F. A, Diana, ( 2001 ), Total Quality management, Yogyakarta, CV Andi Offset

Bandu, M. Yunus. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. PLN (Persero) Rayon Makassar Barat. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Kothler Philip, (2008),Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1,Airlangga

Kothler Philip,( 2008 ), ManajemenPemasaran edisi 13 jilid 2, Airlangga.

Naibaho, K. (2007). Perpustakaan sebagai salah satu indikator utama dalam mendukung universitas bertaraf internasional. Buletin Perpustakaan Universitas Airlangga, 2(1), 8-17.

Rofiah, C., & Wahyuni, D. (2017). Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(1 Apr).

Supranto, (2011), pengukuran tingkat kepuasan pelanggan untuk menaikan pangsa pasar, Jakarta Rineka Cipta.

Yamit, Z. (2001). Manajemen kualitas produk dan jasa. Yogyakarta: Ekonisia.

Zeithami, valarei A., Mary jo Bitner, 2004, Service Marketing: Integrating Customer Focus Across The fim 3td., Mc Graw Hill., New Yorker




DOI: https://doi.org/10.26533%2Feksis.v12i2.102

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Diindeks oleh:

             

 

 

Flag Counter

 

View My Stats